Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Minggu, 21 Februari 2016

Shalat Jama'ah ikut Wahabi

Assalamualaikum hukum sholat jama'ah dengan kaum mujassimah (Wahabi) sah kah...?? lalu sya jawab: mubtadi' itu tidak mengkafirkan dengan perbuatan bid'ahnya jadi hanya makhruh jama'ah bersama mereka,. beda dengan mujassimahi ()wahab,yang mengkafirkan dengan bid'ahnya maka hukumnya tidak sah.
 أما الذي نكفره ببدعته فلاتصح القدوة به أصلا وذالك كالمجسمة وهم القائلون بأن الله جسم كالأجسام تعالى الله عن ذالك إعانة الطلبين ج ٢ ص ٤٧ ke dua status ini mgkn bisa menimbulkan pertanyaan lg,apkh kt sah ikut dgn imam masjidil haram yg wahabi? jwbn ku sah, Krn tata cara sholat mereka sesuai fiqh hanbali, Dan ada yg mengkhabarkan kpd ku,bhw imam imam masjidil haram itu tdk trmsk mujassimah,tp mufawwidhah,jd yg umrah dan naik haji tetap sa ke tiga tdk semua mereka sm,yg aku dengar dr guruku lgsg,beliau 23 thn ngaji di mekah,sm masyaikh2 spt syekh ismail,syekh yasin,syekh jabir,syekh abdullah lahji,syekh hamid alkaf,syekh ali akbar,syekh ali shabuni, Kata guru ku,imam masjidil haram bermazhab hanbali,wlwpn tdk berakidah asy'ari,tp mereka mufawwidhah,bkn mujassimah,adapun slain imam masjidil haram,Allahu a'lam, ke empat 098. SHALAT : Imam Dan Makmum Beda Madzhab AghitsNy Robby dr Syamsul muniroh juz1:342 احكام الجماعة: الكراهة كخلف مبتدع ومخالف في المذهب كحنفي "hukum2 jam'ah :makruh, spt di belakang ahli bid'ah n dibelakang orng yg berlainan madzhabnya spt madzhab hanafy truz dr kitab yg sama :343 و مع الكراهة لا تفوت فضيلة الجماعة وان كان الانفراد افضل كما في الكردي(فتح العلام) TaqrirotusSadidah :291 mengenai sholat di mekah, na ngintip di taqrirotussadidah :291 الجماعة الكثيرة افضل من الجماعة القليلة الا في مسائل منها اذا كان امام الجماعة الكثيرة مخالفا للمذهب كحنفي (و العمل علي خلافه لمصلحة وحدة المسلمين) 
Mbah Jenggot Afwan nambh sak ndulit >>> 

Ketika terjadi perbedaan madzhab antara Imam dan makmum, sedangkan imam melakukan hal-hal yang menurut keyakinan makmum bisa membatalkan shalat, maka hukum berjamaah dengan imam tersebut diperinci sebagai berikut : 

1. Jika perbedaannya pada furu’ ijtihadiyyah yaitu hasil istimbath para imam. Misal, imam bermadzhab Maliki dimana tidak membaca Basmalah dalam Fatihahnya sedangkan makmumnya bermadzhab Syafi’i yang menyatakan basmalah wajib dalam Fatihah, atau tidak meyakini kewajiban tertib dalam wudhu’nya sedangkan makmumnya bermadzhab Syafi’i yang mewajibkan untuk tertib, dan misal-misal lain sekiranya sah menurut pandangan Imam namun batal menurut pandangan makmum atau sebaliknya, maka terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama’ sebagai berikut :

a. Menurut pendapat Imam Qoffal memandang pada keyakinan Imam, sehingga apabila menurut keyakinannya (dalam madzhab imam) sah maka sah juga bagi makmum untuk bermakmum dengannya secara mutlak. 
b. Menurut pendapat Abu Ishaq al-Isfiroyini tidak sah secara mutlak. 
c. Jika Imam melakukan persyaratan kesahannya shalat menurut keyakinan makmum, maka sah, tapi jika meninggalkannya, maka tidak sah. 
d. Menurut pendapat Imam Abu Ishaq al-Mirwazi, Abu Hamid, Al-Bandaniji, Qadhi Abu Thayyib dan dan mayoritas ulama’ sekaligus sebagai pendapat yang paling kuat dari pendapat-pendapat sebelumnya mendasarkan pada keyakinan makmum. 
Apabila makmum mengetahui secara pasti bahwa imamnya melakukan sesuatu yang berakibat tidak sahnya shalat imam, maka tidak sah. Namun jika mengetahui bahwa imam telah sesuai dengan persyaratan sahnya shalat dalam keyakinan makmum atau meragukannya, maka tetap sah. 

2. Jika perbedaannya bukan furu’ ijtihadiyyah melainkan pada perkara lainnya seperti perbedaan antara imam dan makmum dalam penentuan arah kiblat¸maka tidak diperbolehkan satu sama lain untuk shalat berjamaah. Ketika dinyatakan berjamaahnya tidak sah, maka konsekuensinya adalah tidak diperbolehkan bagi makmum bahkan membatalkan shalatnya jika mengikuti imam disertai menunggu yang lama tanpa melakukan apapun. Namun jika tidak mengikutinya atau mengikuti tanpa menunggu yang lama, maka shalatnya tetap sah dan terhitung sebagai shalat munfarid (sendirian). 

المجموع – (ج 4 / ص 288) روضة الطالبين وعمدة المفتين – (ج 1 / ص 126) شرح الوجيز – (ج 4 / ص 313) عانة الطالبين – (ج 2 / ص 25) حواشي الشرواني – (ج 2 / ص 327) المجموع – (ج 4 / ص 200)


kelima Bolehkah kita bermakmum dlm sholat kepada imam yg ber aqidah wahabi salafi alias mujassimah dan musyabbihah? Selama wahabi salafi itu dalam aqidah mereka tafwidl ma'at tanzih,maka boleh di ikuti, Tp jika tafwidl ma'at tajsim dan tasybih,maka tidak boleh,karena ini jelas kekafiran nya,krn menjisimkan Allah walawpun dgn dalih tafwidl,misalnya dia mengaku tafwidl tp di barengi dgn mengatakan Allah punya tangan,punya muka,punya tempat,ini jelas tafwidl ma'at tajsim dan tasybih, dalam tafsir ibnu katsir meriwayatkan dari guru imam bukhari : من شبه الله بخلقه كفر Siapapun yg menyamakan Allah dgn makhluq nya,maka ia kafir, Dan boleh kita mengikut di belakang imam yg bid'ah selama bid'ah nya tidak sampai menjadikan nya kafir, Tp jika bid'ahnya menyebabkan kafir spt mujassimah dan musyabbihah alias wahabi salafi sekarang Maka tdk boleh, Dalam fathul mu'in,matan dari nihayatuz zain dan i'anah tholibin,dkatakan dsana bhw lbh aula sholat sendrian daripada berjamaah dengan imam yg ahli bid'ah dan fasiq,intaha fathul mu'in .
Adapun dalam i'aanah hasyiah fathul mu'in di sebutkan keterangan lbh jelas lg,siapa yg ahli bid'ah itu 
ﻗﻮﻟﻪ: ﺇﻻ ﻟﻨﺤﻮ ﺑﺪﻋﺔ ﺇﻣﺎﻣﻪ( ﺍﺳﺘﺜﻨﺎﺀ ﻣﻦ ﻣﺤﺬﻭﻑ ، ﺃﻱ ﺃﻥ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻣﻊ ﺍﻟﺠﻤﻊ ﺍﻟﻜﺜﻴﺮ ﺃﻓﻀﻞ ﻓﻲ ﻛﻞ ﺣﺎﻝ ﺇﻻ ﺣﺎﻟﺔ ﻛﻮﻥ ﺇﻣﺎﻡ ﺍﻟﺠﻤﻊ ﺍﻟﻜﺜﻴﺮ ﺫﺍ ﺑﺪﻋﺔ ، ﻭﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﺘﻲ ﻟﻢ ﻳﻜﻔﺮ ﻣﺮﺗﻜﺒﻬﺎ - ﻛﺎﻟﻤﺠﺴﻤﺔ - ﺃﻱ ﺍﻟﻘﺎﺋﻠﻴﻦ ﺑﺄﻧﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺟﺴﻢ، ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤعتمد ، ﻓﺈﻥ ﻛﻔﺮ ﺑﻬﺎ - ﻛﻤﻨﻜﺮ ﺍﻟﺒﻌﺚ ﻭﺍﻟﺤﺸﺮ ﻟﻼﺟﺴﺎﻡ، ﻭﻋﻠﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺑﺎﻟﺠﺰﺋﻴﺎﺕ - ﻓﻼ ﺗﺼﺢ ﺍﻟﻘﺪﻭﺓ ﺧﻠﻔﻪ. )ﻗﻮﻟﻪ: ﺃﻱ ﺍﻟﻜﺜﻴﺮ( ﺗﻔﺴﻴﺮ ﻟﻠﻀﻤﻴﺮ )ﻗﻮﻟﻪ: ﻛﺮﺍﻓﻀﻲ( ﺗﻤﺜﻴﻞ ﻟﺬﻱ ﺍﻟﺒﺪﻋﺔ، ﻭﻣﺜﻠﻪ ﺍﻟﺸﻴﻌﻲ، ﻭﺍﻟﺰﻳﺪﻱ. ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻜﺮﺩﻱ: ﺍﻟﺮﺍﻓﻀﺔ ﻭﺍﻟﺸﻴﻌﺔ ﻭﺍﻟﺰﻳﺪﻳﺔ ﻣﺘﻘﺎﺭﺑﻮﻥ. ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﻤﻮﺍﻗﻒ: ﺍﻟﺸﻴﻌﺔ: ﺍﺛﻨﺎﻥ ﻭﻋﺸﺮﻭﻥ ﻓﺮﻗﺔ ﻳﻜﻔﺮ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﺑﻌﻀﺎ، ﺃﺻﻮﻟﻬﻢ ﺛﻼﺙ ﻓﺮﻕ: ﻏﻼﺓ، ﻭﺯﻳﺪﻳﺔ، ﻭﺇﻣﺎﻣﻴﺔ. ﺃﻣﺎ ﺍﻟﻐﻼﺓ ﻓﺜﻤﺎﻧﻴﺔ ﻋﺸﺮ. ﺛﻢ ﻗﺎﻝ: ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﺰﻳﺪﻳﺔ ﻓﺜﻼﺙ ﻓﺮﻕ: ﺍﻟﺠﺎﺭﻭﺩﻳﺔ ﺇﻟﺦ. ﻭﺍﻟﺰﻳﺪﻳﺔ ﻣﻨﺴﻮﺑﻮﻥ ﺇﻟﻰ ﺯﻳﺪ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺯﻳﻦ ﺍﻟﻌﺎﺑﺪﻳﻦ ﺑﻦ ﺍﻟﺤﺴﻴﻦ. ﺍﻫ . 

Maksud ahli bid'ah dan fasiq disini adalah syi'ah zaidiyah,rofidhoh,imamiyah,dan kaum wahabi salafi yg memujassimahkan Allah dgn dalih tafwidl,tp tafwidl nya ma'at tajsim dan tasybih,bukan tanzih Adapun asy'ariyin tafwidl nya ma'at tanzih وكل نص أوهم التشبيها أوله أو فوض ورم تنزيها 
Bahar rajaz Wakul-lunas mutaf-'ilun (pd shadr nya dmasuki khaban) Shin-aw-hamat mus-taf-'ilun (pd hasyw nya shohih) Tasy-bii-ha mus-taf-il (pd arudh nya dmasuki qotha) Aw-wil-huaw mus-taf-ilun (ini jg shohih) Faw-widl-warum mus-taf-ilun (shohih jg) Tan-zii-ha mus-taf-il (dhorabnya dmasuki qotha) Adapun masalah perbedaan basmalah dalam sholat,sdh saya Kumpulan rawi qiraat yg tdk memasukkan basmalah sbgai ayat disurah fatihah dalam mushaf mereka,tp pada "أنعمت عليهم" adalah 1 ayat sbgai ganti basmalah 1.Rawi QALUN 
2.Rawi WARSY 
3.Rawi AD DURY dari riwayat imam abu amrin 4.Rawi AS SUSY 
5.Rawi HISYAM 
6.Rawi IBNU ZAKWAN

6 rawi dari 3 imam ini tidak memasukkan basmalah dalam ayat alfatihah adapun imam imam mazhab ada beberapa macam perbedaan, 

1.Imam abu hanifah membaca basmalah tidak wajib,tapi basmalah adalah sunnat ab'adh dsisi beliau,dan membcanya pun dgn sirr,jd apabila dalam fatihah tdk berbasmalah,maka sunnat sujud sahwi, jika syafi'iyah ikut dbelakang hanafiah,maka sholatnya shoh 

2.Imam malik memakruhkan basmalah,dan tdk membca basmalah sama ada jahar atau sir,sndrian atau imaman jika syafi'iyah ikut dblkang malikiyah,maka sholatnya tidak shoh,dan harus diulang sndrian 

3.Adapun mazhab kita syafi'i menjaharkan basmalah,spt yg kt pelajari di indonesia ini,dan trmsk ayat fatihah yg wajib,spt yg tertera pada mushaf2 rawi qiraat slain yg 6 rawi diatas, aku sebutkan saja rawi2 yg memasukkan basmalah sbgai ayat dalam mushaf mereka dan tdk menghitung أنعمت عليهم Sbagai ayat, 

1.Rawi BAZZI 
2.Rawi QUNBUL 
3.Rawi Kita HAFSH mushaf yg kt pakai di indonesia 
4.Rawi SYU'BAH 
5.Rawi KHALAF 
6.Rawi KHALLAD 
7.Rawi ADDURY dr riwayat KISAA-I 
8.Rawi ABUL HARITS 

Sebagusnya pada lafaz an'amta alaihim jangan berwakaf dsto untk mazhab syafi'i 

4.Imam ahmad bin hanbal mensunatkan membaca basmalah ,dan beliau tdk memasukkan basmalah dalam ayat alfatihah,cuma dsni beliau memasukkan dalam sunat hai-at,jd jika meninggalkan basmalah tdk sujud sahwi, jika syafi'iyah mengikut dbelakang hanabilah,maka sholatnya shoh 

Adapun imam imam yang di mesjidil haram itu shoh di ikut krn mereka bermazhab hanbali,dan bukan mujassimah atau musyabbihah,karena mereka jg tafwidl ma'at tanzih,kalau gak percaya silahkan tanya lgsg aja ke sudais nya,surayim nya,atau maher,oke...hehe 

Adapun jika imam nya memakai bacaan qiraat yg bukan mudawwan dan mutawatir,maka sholat nya tdk shoh, Spt riwayat qiraat abu hurairah dgn membc ALHAMDI LILLAHI RABBIL ALAMIN beliau membaca alhamdi bkn alhamdu, HUKUM nya tetap ROFA krn mubtada,tp dgn baris kasroh karena dalam nahwu ada nama nya isytigolul mahal LIL MUJAWARAH,krn bcaanx smuanya kasrah,jd hukum nya marfu'un dhummah muqaddar alal kasrah lisytigalil mahal atau lita'azzuril mahal lil mujawarah
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel