Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Sabtu, 13 Februari 2016

Khilaf Kalam Muatakhirin mengenai pendapat dua Syeikh

Imam Al-Bakri Al-Dimyathi Rahimahullah Dalam I’anah Al-Thalibin

Kitab Hasyiah Bagi Kitab Fathul Mu’in Menjelaskan :

واعلم أنه إذا اختلف كلام المتأخرين عن الشيخين - كشيخ الاسلام وتلامذته - فقد ذهب علماء مصر إلى اعتماد ما قاله الشيخ محمد الرملي، خصوصا في نهايته، لانها قرئت على المؤلف إلى آخرها في أربعمائة من العلماء فنقدوها وصححوها. وذهب علماء حضرموت وأكثر اليمن والحجاز إلى أن المعتمد ما قاله الشيخ أحمد بن حجر في كتبه، بل في تحفته لما فيها من الاحاطة بنصوص الامام مع مزيد تتبع المؤلف فيها، ولقراءة المحققين لها عليه الذين لا يحصون، ثم إذا لم يتعرضا بشئ فيفتي بكلام شيخ الاسلام، ثم بكلام الخطيب، ثم بكلام الزيادي، ثم بكلام ابن قاسم، ثم بكلام عميرة، ثم بكلام ع ش، ثم بكلام الحلبي، ثم بكلام الشوبري، ثم بكلام العناني، ما لم يخالفوا أصول المذهب.

Ketahuilah bahwa sesungguhnya apabila Khilaf Kalam Muatakhirin mengenai pendapat dua Syeikh (Al-Nawawi dan Al-Rafi’i) seperti Syeikh Islam dan Murid-Muridnya, maka Ulama Mesir berpegang kepada pendapat yang dipegang oleh Syeikh Muhammad Al-Ramli, terutama dalam kitab Al-Nihayah, karena kitab tersebut sudah dibaca kepada pengarangnya hingga akhirnya pada 400 Ulama dimana mereka mengkritik dan Mentashihnya. Ulama Hazramaut dan kebanyakan Ulama Yaman dan Hijaz berpedapat bahwa yang Mu’tamad adalah pendapat Syeikh Ahmad Ibnu Hajar dalam semua kitabnya, bahkan terutama dalam Tuhfah, karena dalamnya diperhatikan Nash-Nash Imam serta lebih teliti pengarangnya serta juga karena telah dibaca para Ulama Muhaqiqin yang tidak terbatas banyaknya. Kemudian apabila keduanya (Ibnu Hajar dan Al-Ramli) tidak mengemukakan pendapat apapun, maka difatwakan dengan kalam Syeikh Islam, kalam Al-Khatib, Al-Ziyadi, Ibnu Qasim, ‘Amirah, ع ش  (‘Ali Syibran Al-Malasy), Al-Halabi, Al-Syaubari, dan kemudian kalam Al-‘Inaani, selama mereka itu tidak menyalahi Ushul Mazhab.

🌿 Al-Bakri Al-Damyathi, I’anah Al-Thalibin, Thaha Putra, Semarang, Juz. IV, Hal. 234

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel