Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Selasa, 09 Februari 2016

Poligami

POLIGAMI ????

Ini adalah hasil study komprehensif dari para ulama yang termaktub dalam Al Mausu'ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah :

ما يسن في النكاح:
ذهب الفقهاء إلى أنه تسن في النكاح أمور، اتفقوا على بعضها واختلفوا في بعضها على التفصيل التالي:

أ - أن لا يزيد على امرأة واحدة:
١٨ - ذهب الشافعية والحنابلة إلى أنه يستحب أن لا يزيد الرجل في النكاح على امرأة واحدة من غير حاجة ظاهرة، إن حصل بها الإعفاف لما في الزيادة على الواحدة من التعرض للمحرم، قال الله تعالى: {ولن تستطيعوا أن تعدلوا بين النساء ولو حرصتم } ، وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " من كان له امرأتان يميل إلى إحداهما على الأخرى جاء يوم القيامة أحد شقيه مائل " .
وقال الأذرعي: لو أعفته واحدة لكنها عقيم استحب له نكاح ولود.
ويرى الحنفية إباحة تعدد الزوجات إلى أربع إذا أمن عدم الجور بينهن فإن لم يأمن اقتصر على ما يمكنه العدل بينهن، فإن لم يأمن اقتصر على واحدة لقوله تعالى {فإن خفتم ألا تعدلوا فواحدة .

Perkara2 yang disunnahkan dalam nikah :

Para fuqoha' (ahli fiqh) berpendapat bahwa ada beberapa perkara yg disunnahkan di dalam nikah. Mereka bersepakat dan berselisih pada sebagian diantaranya menurut perincian sbb :

1. Tidak menambah lebih dari seorang istri (tidak berpoligami)

Para ulama Syafi'iyyah dan Hanabilah MENYUKAI UNTUK TIDAK BERPOLIGAMI bagi seorang suami dg TANPA HAJAT YANG NYATA apabila dg tidak berpoligami tsb bisa menjaga diri, karena dengan berpoligami akan terbuka hal2 yg diharamkan. Allah Ta'ala berfirman :

وَلَنْ تَسْتَطِيعُوا أَنْ تَعْدِلُوا بَيْنَ النِّسَاءِ وَلَوْ حَرَصْتُمْ ۖ

Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian. (Q.S. An Nisa' 129)
Dan Rasulullah Shallallahu 'alahi wa sallam bersabda : "Barang siapa mempunyai dua orang isteri sedangkan dia lebih condong kepada salah satunya maka pada hari kiamat dia akan datang separo badannya miring."
Al Adzro'i berkata : "Apabila seorang istri bisa membuatnya menjaga diri, namun sang istri mandul maka dia disunnahkah menikahi seorang istri yg walud (bisa menghasilkan keturunan yg banyak)."

Sedang ulama Hanafiyyah berpendapat MEMBOLEHKAN BERPOLIGAMI HINGGA 4 ORANG ISTRI KETIKA MEMUNGKINKAN UNTUK BERBUAT ADIL DIANTARA MEREKA. Apabila merasa TIDAK MAMPU maka MENCUKUPKAN DIRI PADA SEORANG ISTRI SAJA, karena ada firman Allah Ta'ala :

فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً

Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja (Q.S. An Nisa' )

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel