Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Jumat, 29 Juli 2016

Satu Istri Sunnah

STATUS YANG PALING DI IDOLAKAN WANITA ABAD INI
__
Kenapa cuman beristri satu ? Kenapa tidak mendakwahkan Ta'adud (Poligami) ?

Jawab :

Karena beristri satu itu SUNNAH menurut kami ( Syafi'iyyah ), sunnah dalam konteks fiqh bukan sunnah fi'liyyah. Menurut kami sunnah-sunnah nikah itu banyak, salah satu sunnah dalam pernikahan adalah beristri satu. 

ما يسن في النكاح
ذهب الفقهاء إلى أنه تسن في النكاح أمور، اتفقوا على بعضها واختلفوا في بعضها على التفصيل التالي

أ - أن لا يزيد على امرأة واحدة:

18 - ذهب الشافعية والحنابلة إلى أنه يستحب أن لا يزيد الرجل في النكاح على امرأة واحدة من غير حاجة ظاهرة، إن حصل بها الإعفاف لما في الزيادة على الواحدة من التعرض للمحرم، قال الله تعالى: {ولن تستطيعوا أن تعدلوا بين النساء ولو حرصتم } ، وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " من كان له امرأتان يميل إلى إحداهما على الأخرى جاء يوم القيامة أحد شقيه مائل " .

Perkara-perkara yang disunnahkan dalam pernikahan :

Para fuqoha' (ahli fiqh) berpendapat bahwa ada beberapa perkara yg disunnahkan di dalam pernikahan, Mereka bersepakat dan berselisih pada sebagian diantaranya menurut perincian sbb :

1. Tidak menambah lebih dari seorang istri (tidak berpoligami)

Para ulama Syafi'iyyah dan Hanabilah MENYUKAI UNTUK TIDAK BERPOLIGAMI bagi seorang suami dengan TANPA HAJAT YANG NYATA apabila dg tidak berpoligami tersebut bisa menjaga diri, karena dengan berpoligami akan terbuka hal2 yg diharamkan. Allah Ta'ala berfirman :

وَلَنْ تَسْتَطِيعُوا أَنْ تَعْدِلُوا بَيْنَ النِّسَاءِ وَلَوْ حَرَصْتُمْ 

Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian (Q.S. An Nisa' 129)

Dan Rasulullah Shallallahu 'alahi wa sallam bersabda : "Barang siapa mempunyai dua orang isteri sedangkan dia lebih condong kepada salah satunya maka pada hari kiamat dia akan datang separo badannya miring."

Selain beristri satu, Sunah-sunah pernikahan yg lain ;

Ke 2, dilaksanakan di Bulan Syawal.
Ke 3, Akad Nikah di Masjid.
Ke 4, Nikah Di hari Jum'at.

Sumber Link :

http://islamport.com/w/fqh/Web/3441/14614.htm

[ Refrensi : Al Mausu'ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyyah ]
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel