Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Senin, 28 Maret 2016

BPJS

Perbandingan Konsep BPJS dan at Ta’min at Ta’awuni

BPJS sejalan dengan semangat dan tujuan at-takmin at-ta’awuny & tidak mengandung unsur riba serta tidak identik dengan asuransi
BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil , Penerima Pensiun PNS dan TNI / POLRI , Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.

BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan (dahulu bernama Jamsostek) merupakan program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013 . Untuk BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014 , sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2014.

BPJS Kesehatan sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan), yang dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero), namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT. Askes Indonesia berubah menjadi BPJS Kesehatan sejak tanggal 1 Januari 2014.

Kepesertaan wajib

Setiap warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS. Ini sesuai pasal 14 UU BPJS.
Setiap perusahaan wajib mendaftarkan pekerjanya sebagai anggota BPJS. Sedangkan orang atau keluarga yang tidak bekerja pada perusahaan wajib mendaftarkan diri dan anggota keluarganya pada BPJS. Setiap peserta BPJS akan ditarik iuran yang besarnya ditentukan kemudian. Sedangkan bagi warga miskin, iuran BPJS ditanggung pemerintah melalui program Bantuan Iuran.

Menjadi peserta BPJS tidak hanya wajib bagi pekerja di sektor formal, namun juga pekerja informal. Pekerja informal juga wajib menjadi anggota BPJS Kesehatan. Para pekerja wajib mendaftarkan dirinya dan membayar iuran sesuai dengan tingkatan manfaat yang diinginkan.

Jaminan kesehatan secara universal diharapkan bisa dimulai secara bertahap pada 2014 dan pada 2019, diharapkan seluruh warga Indonesia sudah memiliki jaminan kesehatan tersebut. Menteri Kesehatan Nafisah Mboi menyatakan BPJS Kesehatan akan diupayakan untuk menanggung segala jenis penyakit namun dengan melakukan upaya efisiensi. (Iuran BPJS Kesehatan Rp 22 ribu)

Dalam UU BPJS Nomor 40/2011 disebutkan, Sistem Jaminan Sosial Nasional merupakan program negara yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat. Menurut UU BPJS tersebut, jaminan sosial adalah salah satu bentuk perlindungan sosial untuk menjamin seluruh rakyat agar dapat memenuhi kebutuhan dasar hidupnya yang layak. Pasal 3 UU BPJS menyebutkan, BPJS bertujuan untuk mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan, terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya.

Pertanyaan
1. Apakah konsep Jaminan Kesehatan Nasional dalam BPJS sesuai dengan ajaran syariah Islam?
2. Apakah program BPJS itu mengandung riba atau tidak? Karena program tersebut identik dengan asuransi.
3. Apakah boleh pemerintah mewajibkan keikutsertaan rakyat pada program BPJS?
4. Bagaimana hukum mengikuti program BJPS?

Jawaban a:
BPJS yang merupakan program negara yang bertujuan memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat (UU BPJS Nomor 40/2011) adalah sejalan dengan semangat dan tujuan at-takmin at-ta’awuny, yaitu persekutuan beberapa orang dengan membayar iuran dalam jumlah tertentu, kemudian dari persekutuan itu digunakan untuk membiayai peserta yang tertimpa musibah.

Namun dalam pelaksanaannya ada yang perlu disempurnakan agar sesuai dengan konsep at-takmin at-ta’awuny, yaitu:
1. Tidak ada paksaan dalam kepesertaan.
2. Peserta semata-mata bertujuan untuk membantu sesama (tidak untuk mendapatkan keuntungan).
3. Keadilan dalam pelayanan (tidak ada diskriminasi pada peserta).
4. Kemungkinan jumlah iuran melebihi biaya yang dibutuhkan maka menjadi sedekah atau infaq sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Jawaban b:
Tidak mengandung unsur riba dan tidak identik dengan asuransi, karena apabila semua unsur terpenuhi maka tergolong at-takmin at-ta’awuny, seperti yang dijelaskan pada sub a.


Referensi a & b :

ﺍﻟﻔﻘﻪ ﺍﻹﺳﻼﻣﻲ ﻭﺃﺩﻟﺘﻪ ‏( /5 101 ‏)
ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺘﺄﻣﻴﻦ ﺍﻟﺘﻌﺎﻭﻧﻲ : ﻓﻬﻮ ﺃﻥ ﻳﺘﻔﻖ ﻋﺪﺓ ﺃﺷﺨﺎﺹ ﻋﻠﻰ ﺃﻥ ﻳﺪﻓﻊ ﻛﻞ ﻣﻨﻬﻢ ﺍﺷﺘﺮﺍﻛﺎً ﻣﻌﻴﻨﺎً، ﻟﺘﻌﻮﻳﺾ ﺍﻷﺿﺮﺍﺭ ﺍﻟﺘﻲ ﻗﺪ ﺗﺼﻴﺐ ﺃﺣﺪﻫﻢ ﺇﺫﺍ ﺗﺤﻘﻖ ﺧﻄﺮ ﻣﻌﻴﻦ . ﻭﻫﻮ ﻗﻠﻴﻞ ﺍﻟﺘﻄﺒﻴﻖ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ ﺍﻟﻌﻤﻠﻴﺔ .
ﺍﻟﻔﻘﻪ ﺍﻹﺳﻼﻣﻲ ﻭﺃﺩﻟﺘﻪ ‏( /5 108 ‏)
ﻣﻮﻗﻒ ﺍﻟﻔﻘﻪ ﺍﻹﺳﻼﻣﻲ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﺄﻣﻴﻦ : ﻻ ﺷﻚ ﻛﻤﺎ ﺗﺒﻴﻦ ﺳﺎﺑﻘﺎً ﻓﻲ ﺟﻮﺍﺯ ﺍﻟﺘﺄﻣﻴﻦ ﺍﻟﺘﻌﺎﻭﻧﻲ ﻓﻲ ﻣﻨﻈﺎﺭ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻴﻦ ﺍﻟﻤﻌﺎﺻﺮﻳﻦ؛ ﻷﻧﻪ ﻳﺪﺧﻞ ﻓﻲ ﻋﻘﻮﺩ ﺍﻟﺘﺒﺮﻋﺎﺕ، ﻭﻣﻦ ﻗﺒﻴﻞ ﺍﻟﺘﻌﺎﻭﻥ ﺍﻟﻤﻄﻠﻮﺏ ﺷﺮﻋﺎً ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺒﺮ ﻭﺍﻟﺨﻴﺮ؛ ﻷﻥ ﻛﻞ ﻣﺸﺘﺮﻙ ﻳﺪﻓﻊ ﺍﺷﺘﺮﺍﻛﻪ ﺑﻄﻴﺐ ﻧﻔﺲ، ﻟﺘﺨﻔﻴﻒ ﺁﺛﺎﺭ ﺍﻟﻤﺨﺎﻃﺮ ﻭﺗﺮﻣﻴﻢ ﺍﻷﺿﺮﺍﺭ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﺼﻴﺐ ﺃﺣﺪ ﺍﻟﻤﺸﺘﺮﻛﻴﻦ، ﺃﻳﺎً ﻛﺎﻥ ﻧﻮﻉ ﺍﻟﻀﺮﺭ، ﺳﻮﺍﺀ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺄﻣﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ، ﺃﻭ ﺍﻟﺤﻮﺍﺩﺙ ﺍﻟﺠﺴﺪﻳﺔ، ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺷﻴﺎﺀ ﺑﺴﺒﺐ ﺍﻟﺤﺮﻳﻖ ﺃﻭ ﺍﻟﺴﺮﻗﺔ ﺃﻭ ﻣﻮﺕ ﺍﻟﺤﻴﻮﺍﻥ، ﺃﻭ ﺿﺪ ﺍﻟﻤﺴﺆﻭﻟﻴﺔ ﻣﻦ ﺣﻮﺍﺩﺙ ﺍﻟﺴﻴﺮ، ﺃﻭ ﺣﻮﺍﺩﺙ ﺍﻟﻌﻤﻞ، ﻭﻷﻧﻪ ﻻ ﻳﺴﺘﻬﺪﻑ ﺗﺤﻘﻴﻖ ﺍﻷﺭﺑﺎﺡ . ﻭﻋﻠﻰ ﻫﺬﺍ ﺍﻷﺳﺎﺱ ﻧﺸﺄﺕ ﺷﺮﻛﺎﺕ ﺍﻟﺘﺄﻣﻴﻦ ﺍﻟﺘﻌﺎﻭﻧﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻮﺩﺍﻥ ﻭﻏﻴﺮﻩ، ﻭﻧﺠﺤﺖ ﻓﻲ ﻣﻬﺎﻣﻬﺎ ﻭﺃﻋﻤﺎﻟﻬﺎ، ﺑﺎﻟﺮﻏﻢ ﻣﻦ ﻭﺻﻒ ﺍﻟﻘﺎﻧﻮﻧﻴﻴﻦ ﻟﻬﺎ ﺑﺄﻧﻬﺎ ﺑﺪﺍﺋﻴﺔ .
ﺍﻟﻔﻘﻪ ﺍﻹﺳﻼﻣﻲ ﻭﺃﺩﻟﺘﻪ ‏( /5 102 ‏)
ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﺘﺄﻣﻴﻦ ﺑﻘﺴﻂ ﺛﺎﺑﺖ : ﻓﻬﻮ ﺃﻥ ﻳﻠﺘﺰﻡ ﺍﻟﻤﺆﻣَّﻦ ﻟﻪ ﺑﺪﻓﻊ ﻗﺴﻂ ﻣﺤﺪﺩ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﺆﻣِّﻦ : ﻭﻫﻮ ﺷﺮﻛﺔ ﺍﻟﺘﺄﻣﻴﻦ ﺍﻟﻤﻜﻮﻧﺔ ﻣﻦ ﺃﻓﺮﺍﺩ ﺍﻟﻤﺴﺎﻫﻤﻴﻦ، ﻳﺘﻌﻬﺪ ‏( ﺃﻱ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ‏) ﺑﻤﻘﺘﻀﺎﻩ ﺩﻓﻊ ﺃﺩﺍﺀ ﻣﻌﻴﻦ ﻋﻨﺪ ﺗﺤﻘﻖ ﺧﻄﺮ ﻣﻌﻴﻦ . ﻭﻫﻮ ﺍﻟﻨﻮﻉ ﺍﻟﺴﺎﺋﺪ ﺍﻵﻥ . ﻭﻳﺪﻓﻊ ﺍﻟﻌﻮﺽ ﺇﻣﺎ ﺇﻟﻰ ﻣﺴﺘﻔﻴﺪ ﻣﻌﻴﻦ ﺃﻭ ﺇﻟﻰ ﺷﺨﺺ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﺃﻭ ﺇﻟﻰ ﻭﺭﺛﺘﻪ، ﻓﻬﻮ ﻋﻘﺪ ﻣﻌﺎﻭﺿﺔ ﻣﻠﺰﻡ ﻟﻠﻄﺮﻓﻴﻦ .
ﻭﺍﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻨﻮﻋﻴﻦ : ﺃﻥ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺘﻮﻟﻰ ﺍﻟﺘﺄﻣﻴﻦ ﺍﻟﺘﻌﺎﻭﻧﻲ ﻟﻴﺲ ﻫﻴﺌﺔ ﻣﺴﺘﻘﻠﺔ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﻟﻬﻢ، ﻭﻻﻳﺴﻌﻰ ﺃﻋﻀﺎﺅﻩ ﺇﻟﻰ ﺗﺤﻘﻴﻖ ﺭﺑﺢ، ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳﺴﻌﻮﻥ ﺇﻟﻰ ﺗﺨﻔﻴﻒ ﺍﻟﺨﺴﺎﺋﺮ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻠﺤﻖ ﺑﻌﺾ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ . ﺃﻣﺎ ﺍﻟﺘﺄﻣﻴﻦ ﺑﻘﺴﻂ ﺛﺎﺑﺖ ﻓﻴﺘﻮﻻﻩ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ‏( ﺃﻱ ﺍﻟﺸﺮﻛﺔ ﺍﻟﻤﺴﺎﻫﻤﺔ ‏) ﺍﻟﺬﻱ ﻳﻬﺪﻑ ﺇﻟﻰ ﺗﺤﻘﻴﻖ ﺭﺑﺢ، ﻋﻠﻰ ﺣﺴﺎﺏ ﺍﻟﻤﺸﺘﺮﻛﻴﻦ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﻟﻬﻢ . ﻭﻛﻮﻥ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﻟﻪ ﻗﺪ ﻻﻳﺄﺧﺬ ﺷﻴﺌﺎً ﻓﻲ ﺑﻌﺾ ﺍﻷﺣﻴﺎﻥ ﻻﻳﺨﺮﺝ ﺍﻟﺘﺄﻣﻴﻦ ﻣﻦ ﻋﻘﻮﺩ ﺍﻟﻤﻌﺎﻭﺿﺎﺕ، ﻷﻥ ﻣﻦ ﻃﺒﻴﻌﺔ ﺍﻟﻌﻘﺪ ﺍﻻﺣﺘﻤﺎﻟﻲ ﺃﻻ ﻳﺤﺼﻞ ﻓﻴﻪ ﺃﺣﺪ ﺍﻟﻌﺎﻗﺪﻳﻦ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻌﻮﺽ ﺃﺣﻴﺎﻧﺎً .
ﺃﺑﺤﺎﺙ ﻫﻴﺌﺔ ﻛﺒﺎﺭ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﺝ 4 ﺹ 41
ﻓﺎﻟﺘﺄﻣﻴﻦ ﺍﻟﺘﻌﺎﻭﻧﻲ ﻳﻘﻮﻡ ﺑﻪ ﻋﺪﺓ ﺃﺷﺨﺎﺹ ﻳﺘﻌﺮﺿﻮﻥ ﻟﻨﻮﻉ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﺨﺎﻃﺮ ﻭﺫﻟﻚ ﻋﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﺍﻛﺘﺘﺎﺑﻬﻢ ﺑﻤﺒﺎﻟﻎ ﻧﻘﺪﻳﺔ ﻋﻠﻰ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻻﺷﺘﺮﺍﻙ ﺗﺨﺼﺺ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻤﺒﺎﻟﻎ ﻷﺩﺍﺀ ﺍﻟﺘﻌﻮﻳﺾ ﺍﻟﻤﺴﺘﺤﻖ ﻟﻤﻦ ﻳﺼﻴﺒﻪ ﻣﻨﻬﻢ ﺍﻟﻀﺮﺭ، ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﺗﻒ ﺍﻷﻗﺴﺎﻁ ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻋﺔ ﻃﻮﻟﺐ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ ﺑﺎﺷﺘﺮﺍﻙ ﺇﺿﺎﻓﻲ ﻟﺘﻐﻄﻴﺔ ﺍﻟﻌﺠﺰ، ﻭﺇﻥ ﺯﺍﺩﺕ ﻋﻤﺎ ﺻﺮﻑ ﻣﻦ ﺗﻌﻮﻳﺾ ﻛﺎﻥ ﻟﻸﻋﻀﺎﺀ ﺣﻖ ﺍﺳﺘﺮﺩﺍﺩ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺰﻳﺎﺩﺓ، ﻭﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪ ﻣﻦ ﺃﻋﻀﺎﺀ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺠﻤﻌﻴﺔ ﻳﻌﺘﺒﺮ ﻣﺆﻣﻨﺎ ﻭﻣﺆﻣﻨﺎ ﻟﻪ ﻭﺗﺪﺍﺭ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺠﻤﻌﻴﺔ ﺑﻮﺍﺳﻄﺔ ﺑﻌﺾ ﺃﻋﻀﺎﺋﻬﺎ، ﻭﻳﺘﻀﺢ ﻣﻦ ﺗﺼﻮﻳﺮ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻨﻮﻉ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﺄﻣﻴﻦ ﺃﻧﻪ ﺃﺷﺒﻪ ﺑﺠﻤﻌﻴﺔ ﺗﻌﺎﻭﻧﻴﺔ ﺗﻀﺎﻣﻨﻴﺔ ﻻ ﺗﻬﺪﻑ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺮﺑﺢ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺍﻟﻐﺮﺽ ﻣﻨﻬﺎ ﺩﺭﺀ ﺍﻟﺨﺴﺎﺋﺮ ﺍﻟﺘﻲ ﺗﻠﺤﻖ ﺑﻌﺾ ﺍﻷﻋﻀﺎﺀ ﺑﺘﻌﺎﻗﺪﻫﻢ ﻋﻠﻰ ﺗﻮﺯﻳﻌﻬﺎ ﺑﻴﻨﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻮﺿﻊ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭ .
ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﻓﻲ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ ﺝ 10 ﺹ 264
‏( ﻗَﻮْﻟُﻪُ ﻭَﺑَﺤَﺚَ ﺍﻟْﺈِﺳْﻨَﻮِﻱِّ ﺃَﻥَّ ﻛُﻞَّ ﻣَﺎ ﺃَﻣَﺮَﻫُﻢْ ﺑِﻪِ ﻣِﻦْ ﻧَﺤْﻮِ ﺻَﺪَﻗَﺔٍ ﻭَﻋِﺘْﻖٍ ﻳَﺠِﺐُ ﻛَﺎﻟﺼَّﻮْﻡِ ﺇﻟَﺦْ ‏) ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟْﻤُﻌْﺘَﻤَﺪُ ﻓَﻘَﺪْ ﺻَﺮَّﺡَ ﺑِﺎﻟﺘَّﻌَﺪِّﻱ ﺍﻟﺮَّﺍﻓِﻌِﻲُّ ﻓِﻲ ﺑَﺎﺏِ ﻗِﺘَﺎﻝِ ﺍﻟْﺒُﻐَﺎﺓِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﻫَﺬَﺍ ﻓَﺎﻟْﺄَﻭْﺟَﻪُ ﺃَﻥَّ ﺍﻟْﻤُﺘَﻮَﺟَّﻪَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭُﺟُﻮﺏُ ﺍﻟﺼَّﺪَﻗَﺔِ ﺑِﺎﻟْﺄَﻣْﺮِ ﺍﻟْﻤَﺬْﻛُﻮﺭِ ﻣَﻦْ ﻳُﺨَﺎﻃَﺐُ ﺑِﺰَﻛَﺎﺓِ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻓَﻤَﻦْ ﻓَﻀَﻞَ ﻋَﻨْﻪُ ﺷَﻲْﺀٌ ﻣِﻤَّﺎ ﻳُﻌْﺘَﺒَﺮُ ﺛَﻢَّ ﻟَﺰِﻣَﻪُ ﺍﻟﺘَّﺼَﺪُّﻕُ ﻋَﻨْﻪُ ﺑِﺄَﻗَﻞِّ ﻣُﺘَﻤَﻮَّﻝٍ ﻫَﺬَﺍ ﺇﻥْ ﻟَﻢْ ﻳُﻌَﻴِّﻦْ ﻟَﻪُ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﻗَﺪْﺭًﺍ، ﻓَﺈِﻥْ ﻋَﻴَّﻦَ ﺫَﻟِﻚَ ﻋَﻠَﻰ ﻛُﻞِّ ﺇﻧْﺴَﺎﻥٍ ﻓَﺎﻟْﺄَﻧْﺴَﺐُ ﺑِﻌُﻤُﻮﻡِ ﻛَﻠَﺎﻣِﻬِﻢْ ﻟُﺰُﻭﻡُ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻟْﻘَﺪْﺭِ ﺍﻟْﻤُﻌَﻴَّﻦِ ﻟَﻜِﻦْ ﻳَﻈْﻬَﺮُ ﺗَﻘْﻴِﻴﺪُﻩُ ﺑِﻤَﺎ ﺇﺫَﺍ ﻓَﻀَﻞَ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻟْﻤُﻌَﻴَّﻦُ ﻋَﻦْ ﻛِﻔَﺎﻳَﺔِ ﺍﻟْﻌُﻤُﺮِ ﺍﻟْﻐَﺎﻟِﺐِ ﻭَﻳُﺤْﺘَﻤَﻞُ ﺃَﻥْ ﻳُﻘَﺎﻝَ ﺇﻥْ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﻤُﻌَﻴَّﻦُ ﻳُﻘَﺎﺭِﺏُ ﺍﻟْﻮَﺍﺟِﺐَ ﻓِﻲ ﺯَﻛَﺎﺓِ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻗُﺪِّﺭَ ﺑِﻬَﺎ ﺃَﻭْ ﻓِﻲ ﺃَﺣَﺪِ ﺧِﺼَﺎﻝِ ﺍﻟْﻜَﻔَّﺎﺭَﺓِ ﻗُﺪِّﺭَ ﺑِﻬَﺎ , ﻭَﺇِﻥْ ﺯَﺍﺩَ ﻋَﻠَﻰ ﺫَﻟِﻚَ ﻟَﻢْ ﻳَﺠِﺐْ، ﻭَﺃَﻣَّﺎ ﺍﻟْﻌِﺘْﻖُ ﻓَﻴُﺤْﺘَﻤَﻞُ ﺃَﻥْ ﻳُﻌْﺘَﺒَﺮَ ﺑِﺎﻟْﺤَﺞِّ ﻭَﺍﻟْﻜَﻔَّﺎﺭَﺓِ ﻓَﺤَﻴْﺚُ ﻟَﺰِﻣَﻪُ ﺑَﻴْﻌُﻪُ ﻓِﻲ ﺃَﺣَﺪِﻫِﻤَﺎ ﻟَﺰِﻣَﻪُ ﻋِﺘْﻘُﻪُ ﺇﺫَﺍ ﺃَﻣَﺮَﻩُ ﺑِﻪِ ﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﺷَﺮْﺡُ ﻣَﺮَّ ‏( ﻗَﻮْﻟُﻪُ : ﺍﻟْﻤُﻮﺳِﺮُﻭﻥَ ﺑِﻤَﺎ ﻳُﻮﺟِﺐُ ﺍﻟْﻌِﺘْﻖَ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻜَﻔَّﺎﺭَﺓِ ‏) ﻛَﺬَﺍ ﻣَﺮَّ
ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ ﺝ 12 ﺹ 300
ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﻋَﺎﻣِﺮٍ ﺍﻟْﺄَﺷْﻌَﺮِﻱُّ ﻭَﺃَﺑُﻮ ﻛُﺮَﻳْﺐٍ ﺟَﻤِﻴﻌًﺎ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﺃُﺳَﺎﻣَﺔَ ﻗَﺎﻝَ ﺃَﺑُﻮ ﻋَﺎﻣِﺮٍ ﺣَﺪَّﺛَﻨَﺎ ﺃَﺑُﻮ ﺃُﺳَﺎﻣَﺔَ ﺣَﺪَّﺛَﻨِﻲ ﺑُﺮَﻳْﺪُ ﺑْﻦُ ﻋَﺒْﺪِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺑْﻦِ ﺃَﺑِﻲ ﺑُﺮْﺩَﺓَ ﻋَﻦْ ﺟَﺪِّﻩِ ﺃَﺑِﻲ ﺑُﺮْﺩَﺓَ ﻋَﻦْ ﺃَﺑِﻲ ﻣُﻮﺳَﻰ ﻗَﺎﻝَ ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ g ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺄَﺷْﻌَﺮِﻳِّﻴﻦَ ﺇِﺫَﺍ ﺃَﺭْﻣَﻠُﻮﺍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻐَﺰْﻭِ ﺃَﻭْ ﻗَﻞَّ ﻃَﻌَﺎﻡُ ﻋِﻴَﺎﻟِﻬِﻢْ ﺑِﺎﻟْﻤَﺪِﻳﻨَﺔِ ﺟَﻤَﻌُﻮﺍ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻋِﻨْﺪَﻫُﻢْ ﻓِﻲ ﺛَﻮْﺏٍ ﻭَﺍﺣِﺪٍ ﺛُﻢَّ ﺍﻗْﺘَﺴَﻤُﻮﻩُ ﺑَﻴْﻨَﻬُﻢْ ﻓِﻲ ﺇِﻧَﺎﺀٍ ﻭَﺍﺣِﺪٍ ﺑِﺎﻟﺴَّﻮِﻳَّﺔِ ﻓَﻬُﻢْ ﻣِﻨِّﻲ ﻭَﺃَﻧَﺎ ﻣِﻨْﻬُﻢْ
ﺷﺮﺡ ﻣﺴﻠﻢ ﻟﻠﻨﻮﻭﻱ ﺝ 8 ﺹ 270
ﻗَﻮْﻟﻪ :g ‏( ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺄَﺷْﻌَﺮِﻳِّﻴﻦَ ﺇِﺫَﺍ ﺃَﺭْﻣَﻠُﻮﺍ ﻓِﻲ ﺍﻟْﻐَﺰْﻭ ﺇِﻟَﻰ ﺁﺧِﺮﻩ ‏) ﻣَﻌْﻨَﻰ ‏( ﺃَﺭْﻣَﻠُﻮﺍ ‏) ﻓَﻨِﻲَ ﻃَﻌَﺎﻣﻬﻢْ . ﻭَﻓِﻲ ﻫَﺬَﺍ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳﺚ ﻓَﻀِﻴﻠَﺔ ﺍﻟْﺄَﺷْﻌَﺮِﻳِّﻴﻦَ، ﻭَﻓَﻀِﻴﻠَﺔ ﺍﻟْﺈِﻳﺜَﺎﺭ ﻭَﺍﻟْﻤُﻮَﺍﺳَﺎﺓ، ﻭَﻓَﻀِﻴﻠَﺔ ﺧَﻠْﻂ ﺍﻟْﺄَﺯْﻭَﺍﺩ ﻓِﻲ ﺍﻟﺴَّﻔَﺮ، ﻭَﻓَﻀِﻴﻠَﺔ ﺟَﻤْﻌﻬَﺎ ﻓِﻲ ﺷَﻲْﺀ ﻋِﻨْﺪ ﻗِﻠَّﺘﻬَﺎ ﻓِﻲ ﺍﻟْﺤَﻀَﺮ، ﺛُﻢَّ ﻳَﻘْﺴِﻢ، ﻭَﻟَﻴْﺲَ ﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩ ﺑِﻬَﺬَﺍ ﺍﻟْﻘِﺴْﻤَﺔ ﺍﻟْﻤَﻌْﺮُﻭﻓَﺔ ﻓِﻲ ﻛُﺘُﺐ ﺍﻟْﻔِﻘْﻪ ﺑِﺸُﺮُﻭﻃِﻬَﺎ، ﻭَﻣَﻨَﻌَﻬَﺎ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮِّﺑَﻮِﻳَّﺎﺕ، ﻭَﺍﺷْﺘِﺮَﺍﻁ ﺍﻟْﻤُﻮَﺍﺳَﺎﺓ ﻭَﻏَﻴْﺮﻫَﺎ، ﻭَﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺍﻟْﻤُﺮَﺍﺩ ﻫُﻨَﺎ ﺇِﺑَﺎﺣَﺔ ﺑَﻌْﻀﻬﻢْ ﺑَﻌْﻀًﺎ ﻭَﻣُﻮَﺍﺳَﺎﺗﻬﻢْ ﺑِﺎﻟْﻤَﻮْﺟُﻮﺩِ .
ﺻﺤﻴﺢ ﻣﺴﻠﻢ ﺝ 17 ﺹ 19
ﻗَﺎﻝَ : ﻗَﺎﻝَ ﺭَﺳُﻮﻝِ ﺍﻟﻠﻪِ : ‏« ﻣَﻦْ ﻧَﻔَّﺲَ ﻋَﻦْ ﻣُﺆْﻣِﻦٍ ﻛُﺮْﺑَﺔً ﻣِﻦْ ﻛُﺮَﺏِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ، ﻧَﻔَّﺲَ ﺍﻟﻠّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻛُﺮْﺑَﺔً ﻣِﻦْ ﻛُﺮَﺏِ ﻳَﻮْﻡِ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔِ . ﻭَﻣَﻦْ ﻳَﺴَّﺮَ ﻋَﻠَﻰ ﻣُﻌْﺴِﺮٍ، ﻳَﺴَّﺮَ ﺍﻟﻠّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍﻵﺧِﺮَﺓِ . ﻭَﻣَﻦْ ﺳَﺘَﺮَ ﻣُﺴْﻠِﻤﺎً، ﺳَﺘَﺮَﻩُ ﺍﻟﻠّﻪُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍﻵﺧِﺮَﺓِ . ﻭَﺍﻟﻠّﻪُ ﻓِﻲ ﻋَﻮْﻥِ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪِ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﻌَﺒْﺪُ ﻓِﻲ ﻋَﻮْﻥِ ﺃَﺧِﻴﻪِ
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel