Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Kamis, 14 Januari 2016

Sejarah Nama-Nama Bulan Hijriah


ذكر الشيخ علم الدين السخاوي في جزء جمعه سماه " المشهور في أسماء الأيام والشهور " :

🌹Syekh AlamudDin As-Sakhowi di dalam kitabnya Al-Masyhur fi Asma  Al-Ayyam was Syuhur di sebutkan bahwa;

🍃Bulan Muharram di namakan Muharram karena  merupakan bulan yang didisucikan. Menurut pendapat penulis (As-Sakhowi), dinamakan demikian untuk mengukuhkan keharamannya. Mengingat orang-orang Arab di masa lalu berpandangan labil terhadap bulan tersebut, terkadang dalam satu tahun mereka menghalalkannya, sedangkan di tahun berikutnya mengharamkanNya.

🌾Bulan Safar, dinamakan demikian karena rumah-rumah mereka (orang-orang Arab) kosong dari para penghuninya, sebab penghuninya pergi untuk berperang dan mengadakan perjalanan. Dikatakan safaral makanu, apabila tempat yang dimaksud kosong, tak berpenghuni. Dijamakkan menjadi asfar, sama wazannya dengan lafaz jamal yang bentuk jamaknya ajmal.

🌿Bulan Robi'ul AwwaL dinamakan Robi'ul AwwaL sebab mereka menetap di rumahnya masing-masing. Al-irtiba' artinya tinggal di keramaian daerah tempat tinggal. Bentuk jamaknya adalah arbi’a, sama wazannya dengan lafaz nasibun yang bentuk jamaknya ansiba. Bisa juga dijamakkan menjadi arba'ah, sama wazannya dengan ragifun yang bentuk jamaknya argifah.

🍄Bulan Rabi'ul Akhir sama ketentuannya dengan Rabi'ul Awwal.

🍂Jumada, dinamakan demikian karena pada bulan itu air membeku. mereka menamakannya dengan sebutan Jumada pada awal mulanya adalah di saat air sedang membeku, seperti yang disebutkan oleh seorang penyair di antara mereka, yaitu:

وليلة من جمادى ذات أندية...... لا يبصر العبد في ظلماتها الطنبا....
لا ينبح الكلب فيها غير واحدة ...... حتى يلف على خرطومه الذنبا....

🌴Dan malam hari dari bulan Jumada yang berkabut tebal, seorang hamba tidak dapat melihat tali pengencang kemah dalam kegelapannya. Dan anjing tidak ada yang melolong kecuali hanya sekali sebelum melilitkan ekornya pada moncongnya.

🍎Jumada dijamakkan menjadi jumadiyat, sama wazannya dengan lafaz hubara yang jamaknya hubariyat. Lafaz jumada terkadang dimudzakkarKan dan terkadang dimuanNaskan, maka dikatakan Jumadil Ula dan Jumadil Awwal, Jumadil Akhir, dan Jumadil Akhirah.

🌺Bulan Rajab, berasal dari tarjib, artinya menghormat, dijamakkan dalam bentuk arjab, rajah, dan rajabat.

🍒Bulan Sya'ban berasal dari sya'abai qabailu, artinya kabilah-kabilan itu mulai berpencar untuk mengadakan serangan. Dijamakkan dalam bentuk sya'abin dan Sya’banat.

🍏Bulan Ramadan berasal dari kata syiddatur ramda yang artinya panas yang terik. Bila dikatakan ramadatil fisalu, artinya anak-anak unta itu kehausan. Dijamakkan dalam bentuk ramadanat, ramadina dan armidah.

🌻Bulan Syawwal berasal dari kata syalatil ibilu aznabaha lit taraq yang artinya unta itu mengangkat ekornya untuk kawin. Dijamakkan dalam bentuk syawawil, syawawil, dan syawalat.

🌸Al-Qa'dah, dapat juga disebut Al-Qi'dah. Dinamakan demikian karena mereka (orang-orang Arab) diam di tempatnya, tidak mengadakan peperangan, tidak pula bepergian. Dijamakkan menjadi zawatul qa’dah.

🌱Al-Hijjah dan Al-Hajjah, dinamakan demikian karena mereka melakukan haji di bulan itu. Dijamakkan menjadi zawatul hijjah.

والله أعلم....

📚Di Kutib dari Tafsir Ibnu Katsir  Surat At-Taubah: 36

👇DOWNLOAD scan kitabNya

📥https://goo.gl/P8IkTm

صلوا على النبي....

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel