Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Minggu, 03 Januari 2016

Delapan hal yang berharga

i33 TAHUN "HANYA" DAPAT 8 HAL

ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻘﺼﺔ ﺗﺠﺪﻭﻧﻬﺎ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ ﺍﺣﻴﺎﺀ ﻋﻠﻮﻡ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻷﻭﻝ

ﻋﺎﻟﻢ ﺗﻠﻤﻴﺬ: ﻣﻨﺬ ﻣﺘﻰ ﺻﺤﺒﺘﻨﻲ؟
ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﺘﻠﻤﻴﺬ: ﻣﻨﺬ ﺛﻼﺛﺔ ﻭﺛﻼﺛﻴﻦ ﺳﻨﺔ ... ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ: ﻓﻤﺎﺫﺍ ﺗﻌﻠﻤﺖﻣﻨﻲ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻔﺘﺮﺓ؟ ! ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺘﻠﻤﻴﺬ: ﺛﻤﺎﻧﻲ ﻣﺴﺎﺋﻞ ... ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ :

ﺇﻧﺎ ﻟﻠﻪ ﻭﺇﻧﺎ ﺇﻟﻴﻪ ﺭﺍﺟﻌﻮﻥ ﺫﻫﺐ ﻋﻤﺮﻱ ﻣﻌﻚ ﻭﻟﻢ ﺗﺘﻌﻠﻢ ﺇﻻ ﺛﻤﺎﻧﻲ ﻣﺴﺎﺋﻞ؟ ! ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺘﻠﻤﻴﺬ: ﻳﺎ ﺃﺳﺘﺎﺫ ﻟﻢ ﺃﺗﻌﻠﻢ ﻏﻴﺮﻫﺎ ﻭﻻ ﺃﺣﺐ ﺃﻥ ﺃﻛﺬﺏ .
ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻷﺳﺘﺎﺫ : ﻫﺎﺕ ﻣﺎ ﻋﻨﺪﻙ ﻷﺳﻤﻊ ...

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺘﻠﻤﻴﺬ : ﺍﻷﻭﻟﻲ :ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻓﺮﺃﻳﺖ ﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪ ﻳﺤﺐ ﻣﺤﺒﻮﺑﺎ ﻓﺈﺫﺍ ﺫﻫﺐ ﺇﻟﻲ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﻓﺎﺭﻗﻪ ﻣﺤﺒﻮﺑﻪ ﻓﺠﻌﻠﺖ ﺍﻟﺤﺴﻨﺎﺕ ﻣﺤﺒﻮﺑﻲ ﻓﺈﺫﺍ ﺩﺧﻠﺖ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﺩﺧﻠﺖ ﻣﻌﻲ .

ﺍﻟﺜﺎﻧﻴﺔ: ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻰ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ : ﻭﺃﻣﺎ ﻣﻦ ﺧﺎﻑ ﻣﻘﺎﻡ ﺭﺑﻪ ﻭﻧﻬﻲ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻋﻦ ﺍﻟﻬﻮﻱ ﻓﺈﻥ ﺍﻟﺠﻨﺔ ﻫﻲ ﺍﻟﻤﺄﻭﻯ . ﻓﺄﺟﻬﺪﺕ ﻧﻔﺴﻲ ﻓﻲ ﺩﻓﻊ ﺍﻟﻬﻮﻯ ﺣﺘﻰ ﺍﺳﺘﻘﺮﺕ ﻋﻠﻰ ﻃﺎﻋﺔ ﺍﻟﻠﻪ .

ﺍﻟﺜﺎﻟﺜﺔ : ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻓﺮﺃﻳﺖ ﺃﻥ ﻛﻞ ﻣﻦ ﻣﻌﻪ ﺷﻲﺀ ﻟﻪ ﻗﻴﻤﺔ ﺣﻔﻈﻪ ﺣﺘﻲ ﻻ ﻳﻀﻴﻊ، ﺛﻢ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻰ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ: ﻣﺎ ﻋﻨﺪﻛﻢ ﻳﻨﻔﺬ ﻭﻣﺎ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺎﻕ . ﻓﻜﻠﻤﺎ ﻭﻗﻊ ﻓﻲ ﻳﺪﻱ ﺷﻲﺀ ﺫﻭ ﻗﻴﻤﺔ ﻭﺟﻬﺘﻪ ﻟﻠﻪ ﻟﻴﺤﻔﻈﻪ ﻋﻨﺪﻩ .

ﺍﻟﺮﺍﺑﻌﺔ: ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻓﺮﺃﻳﺖ ﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪ ﻳﺘﺒﺎﻫﻲ ﺑﻤﺎﻟﻪ ﺃﻭ ﺣﺴﺒﻪ ﺃﻭ ﻧﺴﺒﻪ، ﺛﻢ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻰ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ: ﺇﻥ ﺃﻛﺮﻣﻜﻢ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺃﺗﻘﺎكم . ﻓﻌﻤﻠﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻘﻮﻯ ﺣﺘﻰ ﺃﻛﻮﻥ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻛﺮﻳﻤﺎ .
ﺍﻟﺨﺎﻣﺴﺔ: ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﻓﻲ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻭﻫﻢ ﻳﻄﻌﻦ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻓﻲ ﺑﻌﺾﻭﻳﻠﻌﻦ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﺑﻌﻀﺎ، ﻭﺃﺻﻞ ﻫﺬﺍ ﻛﻠﻪ ﺍﻟﺤﺴﺪ، ﺛﻢ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻰ ﻗﻮﻝﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ : ﻧﺤﻦ ﻗﺴﻤﻨﺎ ﺑﻴﻨﻬﻢ ﻣﻌﻴﺸﺘﻬﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﻴﺎﺓ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ .ﻓﺘﺮﻛﺖ ﺍﻟﺤﺴﺪ ﻭﺍﺟﺘﻨﺒﺖ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻭﻋﻠﻤﺖ ﺃﻥ ﺍﻟﻘﺴﻤﺔ ﻣﻦ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﺘﺮﻛﺖ ﺍﻟﺤﺴﺪ ﻋﻨﻲ .

ﺍﻟﺴﺎﺩﺳﺔ: ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻳﻌﺎﺩﻱ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﺑﻌﻀﺎ ﻭﻳﺒﻐﻲ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﻋﻠﻲ ﺑﻌﺾ ﻭﻳﻘﺎﺗﻞ ﺑﻌﻀﻬﻢ ﺑﻌﻀﺎ ﻭﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻰ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ: ﺇﻥ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻟﻜﻢ ﻋﺪﻭ ﻓﺎﺗﺨﺬﻭﻩ ﻋﺪﻭﺍ . ﻓﺘﺮﻛﺖ ﻋﺪﺍﻭﺓ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻭﺗﻔﺮﻏﺖ ﻟﻌﺪﺍﻭﺓ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻭﺣﺪﻩ .

ﺍﻟﺴﺎﺑﻌﺔ :ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻓﺮﺃﻳﺖ ﻛﻞ ﻭﺍﺣﺪ ﻣﻨﻬﻢ ﻳﻜﺎﺑﺪ ﻧﻔﺴﻪ ﻭﻳﺬﻟﻬﺎ ﻓﻲ ﻃﻠﺐ ﺍﻟﺮﺯﻕ ﺣﺘﻰ ﺇﻧﻪ ﻗﺪ ﻳﺪﺧﻞ ﻓﻴﻤﺎ ﻻ ﻳﺤﻞ ﻟﻪ، ﻭﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻰ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ: ﻭﻣﺎ ﻣﻦ ﺩﺍﺑﺔ ﻓﻲ ﺍﻷﺭﺽ ﺇﻻ ﻋﻠﻰ
ﺍﻟﻠﻪ ﺭﺯﻗﻬﺎ . ﻓﻌﻠﻤﺖ ﺃﻧﻲ ﻭﺍﺣﺪ ﻣﻦ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺪﻭﺍﺏ ﻓﺎﺷﺘﻐﻠﺖ ﺑﻤﺎ ﻟﻠﻪ ﻋﻠﻲ ﻭﺗﺮﻛﺖ ﻣﺎ ﻟﻲ ﻋﻨﺪﻩ .

ﺍﻟﺜﺎﻣﻨﺔ : ﺃﻧﻲ ﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻓﺮﺃﻳﺖ ﻛﻞ ﻣﺨﻠﻮﻕ ﻣﻨﻬﻢ ﻣﺘﻮﻛﻞ ﻋﻠﻰ ﻣﺨﻠﻮﻕ ﻣﺜﻠﻪ , ﻫﺬﺍ ﻋﻠﻰ ﻣﺎﻟﻪ ﻭﻫﺬﺍ ﻋﻠﻰ ﺿﻴﻌﺘﻪ ﻭﻫﺬﺍ ﻋﻠﻰ ﺻﺤﺘﻪ ﻭﻫﺬﺍ ﻋﻠﻰ ﻣﺮﻛﺰﻩ ﻭﻧﻈﺮﺕ ﺇﻟﻰ ﻗﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻲ: ﻭﻣﻦ ﻳﺘﻮﻛﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻬﻮ ﺣﺴﺒﻪ . ﻓﺘﺮﻛﺖ ﺍﻟﺘﻮﻛﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺨﻠﻖ ﻭﺍﺟﺘﻬﺪﺕ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﻮكل ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ .
ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻷﺳﺘﺎﺫ : ﺑﺎﺭﻙ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻴﻚ، ﺧﺬ ﺳﺘﻴﻦ ﺛﺎﻧﻴﺔ ﻣﻦ ﻭﻗﺘﻚ ﻓﻘﻂﻭﺣﺎﻭﻝ ﻧﺸﺮﻫﺎ ﻭﻟﻨﺮﻯ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻗﺎﺩﺭﺍ ﻋﻠﻰ ﺇﻳﻘﺎﻑ ﻫﺬﺍ ﺍﻷﻣﺮ: ﺇﻥ ﺍﻟﺸﻴﻄﺎﻥ ﻟﻜﻢ ﻋﺪﻭ ﻓﺎﺗﺨﺬﻭﻩ ﻋﺪﻭﺍ .

ﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ - ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ - ﻻ ﺍﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ - ﻣﺤﻤﺪ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ - ﺍﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ - ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻭﺳﻠﻢ
ﻭﺑﺎﺭﻙ ﻋﻠﻰ ﻧﺒﻴﻨﺎ ﻭﺣﺒﻴﺒﻨﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﻭﻋﻠﻰ ﺁﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ . ﺍﺫﻛﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﻌﺪ ﺫﻟﻚ ﻗﻢ ﺑﺈﺭﺳﺎﻝ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﺮﺳﺎﻟﺔ ﻓﻜﻠﻤﺎ ﻭﻗﻊ ﻓﻲ ﻳﺪﻱ ﺷﻲﺀ ﺫﻭ ﻗﻴﻤﺔ
ﻭﺟﻬﺘﻪ ﻟﻠﻪ ﻟﻴﺤﻔﻈﻪ ﻋﻨﺪﻩ، ﻭﺍﺟﻤﻊ ﺑﻌﺪ ﺑﻀﻊ ﺳﺎﻋﺎﺕ ﺣﺴﻨﺎﺕ ﻛﺜﻴﺮ ﺟﺪﺍ ﻛﻦ ﻛﺬﻟﻚ ﺍﻟﺘﻠﻤﻴﺬ ﺍﻟﺬﻱ ﻗﺎﻝ ﻓﺠﻌﻠﺖ ﺍﻟﺤﺴﻨﺎﺕ ﻣﺤﺒﻮﺑﻲ ﻓﺈﺫﺍ
ﺩﺧﻠﺖ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﺩﺧﻠﺖ ﻣﻌﻲ ﻭﺗﻜﻮﻥ ﺳﺒﺒﺎ ﻓﻲ ﻗﻴﺎﻡ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺑﺬﻛﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ: ‏(ﻣﺎ ﻋﻨﺪﻛﻢ ﻳﻨﻔﺬ ﻭﻣﺎ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﺎﻕ ‏)، ‏(ﻭﻣﻦ ﻳﺘﻮﻛﻞ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻬﻮ ﺣﺴﺒﻪ‏) ؟

⊙Suatu hari, Imam Syaqiq Al Balkhi bertanya kepada muridnya yang bernama
Hatim Al Asham :

■Imam syaqiq : "Sudah berapa lama engkau menuntut ilmu dariku?".
●"Sudah 33 tahun", jawab Hatim.
■"Apa yang telah kau pelajari, selama 33 th ini?", tanya Imam Syaqiq.
●"Hanya 8 hal ", jawab Hatim.
■" Inna lillahi wa inna ilaihi raaji'uun

Kuhabiskan umurku untuk mendidikmu,
namun kau hanya mempelajari 8 hal dariku?", Ucap Imam Syaqiq heran.
●"Benar Yaa Syeikh, aku hanya mempelajari 8 hal saja, aku tidak mau mendustai anda", jawab Hatim.
■"Coba sebutkan 8 hal yang telah kau pelajari itu ! ". pinta Imam Syaqiq.
●Hatim Al Ashom pun berkata :

Pertama :"Kulihat setiap manusia memiliki seorang kekasih. Ketika dia mati, kekasihnya ikut mengantarkannya hingga ke kuburan, lalu meninggalkannya sendirian di sana.
○Maka, Aku lebih memilih amal kebajikan sebagai kekasihku, Sehingga ketika nanti Aku masuk liang kubur, amalku akan ikut bersamaku".

Kedua : "Aku merenungkan Wahyu Allah SWT : "Dan Adapun orang2 yang takut kepada Kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka surga lah yang akan menjadi tempat tinggalnya".
(QS. An Naazi'aat,79:40-41).
○Aku sadar, Bahwa Firman Allah pasti lah benar, Maka Aku pun berjuang untuk melawan keinginan nafsuku, hingga nafsuku tunduk kepada Allah SWT "

Ketiga : "Ku perhatikan manusia selalu memuliakan dan menyimpan harta benda berharga yang mereka miliki, lalu Kupelajari Firman Allah swt :
"Apa yang ada disisimu akan lenyap, dan apa yang ada disisi Allah akan kekal". (QS. An Nahl,16:96).
○Maka setiap kali Aku memperoleh sesuatu yg berharga, Aku pun menyedekahkannya dijalan Allah swt, agar hartaku selalu tetap terjaga di sisi-Nya".

Keempat : "Aku melihat setiap manusia mengejar harta, kedudukan, kehormatan dan kemulyaan nasab.Namun setelah aku mempelajarinya, ternyata semua itu tidak ada apa2nya, saat Aku membaca Wahyu Allah swt :
"Sesungguhnya, orang yg paling mulia disisi Allah, adalah orang yg paling bertaqwa (kepada Allah) di antara kalian".
(QS. Al Hujuraat,49:13).
○Karena itulah, Aku pun beramal utk mewujudkan Taqwa, agar Aku memperoleh kedudukan yang Mulia di sisi Allah SWT.

Kelima :Aku melihat manusia saling mencela dan melaknat, dan sumber semua itu adalah hasad (kedengkian). Lalu aku mempelajari Wahyu Alloh SWT :
"Kami telah membagikan utk penghidupan mereka di alam dunia".
(QS. Az Zukhruf,43:32).
○Akupun sadar, Bahwa semuanya telah dibagi oleh Allah swt. Maka aku tinggalkan sifat Hasad (dengki), kujauhi manusia, dan aku tidak bermusuhan dengan seorang pun".

Keenam : "Kulihat manusia saling menganiaya dan saling membunuh, padahal Alloh SWT berfirman :
"Sesungguhnya syeitan itu adalah musuh bagimu, maka jadikanlah ia sebagai musuh(mu)".(QS. Al Fathir,35:6).
○Oleh sebab itu, Kutinggalkan permusuhan dengan manusia dan Kujadikan Syeitan sebagai satu2nya musuhku. Aku selalu mewaspadainya dengan sekuat tenaga, sebab Allah swt sendiri yg telah menjadikan Syeitan sebagai musuhku".

Ketujuh : "Aku melihat setiap orang hanya demi sepotong roti (harta), mereka rela menghinakan diri mereka sendiri dengan melakukan hal2 yg diharamkan oleh Allah swt. Lalu kuperhatikan Firman Allah SWT :
"Dan tiada satupun binatang melata dibumi, melainkan Allah telah menanggung rezeki nya".
(QS. Hud,11:6).
○Aku sadar, Bahwa diriku adalah salah satu dari yang melata itu, dan Allah swt telah menjamin Rezeki ku. Oleh karena itu, kusibukkan diriku untuk menunaikan kewajiban yang telah di berikan oleh Allah swt dan aku tidak pernah merisaukan sesuatu yang telah dijamin oleh Allah swt untukku".

Kedelapan : "Aku melihat semua org bergantung kepada Makhluq Allah swt.
Ada yg bergantung kepada ladangnya,
bergantung kepada perniagaannya,
bergantung kepada pekerjaannya, dan
bergantung kepada kesehatan jasmaninya. Akupun kembali kepada Firman Allah :
"Dan barang siapa yg bertawakkal kepada Allah , maka Allah akan mencukupkan (segala keperluan) nya" (QS. Ath Tholaaq,65:3).
○Oleh karena itulah, Aku pun bertawakkal (bergantung) kepada Alloh swt yang Maha Perkasa dan Maha Agung, dan Alloh swt pun mencukupi semua kebutuhanku".
■Mendengar jawaban dari Hatim Al Asham ,Imam Syaqiq Al Balkhi berkata :
"Wahai Hatim, semoga Allah memberimu Taufiq. Aku telah mempelajari Zabur, Taurot, Injil dan Al Qur'an.
Dan kutemukan bahwa semua jenis kebaikan dan ajaran Agama, berkisar pada 8 hal yang tadi telah kau sampaikan.
Barang siapa mengamalkan 8 hal tersebut.
Maka berarti, dia telah mengamalkan isi dari 4 kitab suci".
LALU........
♡Berapa lama kita menuntut ilmu?
♡Apa yang kita dapatkan?
♡Adakah pelajaran penting yang meresap kedalam hati kita dan selalu kita amalkan?
♡Atau semua itu hanya sekedar penghibur telinga kita?
Semoga Allah SWT, memberi kita Taufiq dan Hidayah,
Sehingga kita dapat mengamalkan apa yang kita dengar, kita lihat dan kita baca.......Amin

Semoga bermanfaat.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel