kitab alfiyah |
Alfiyyah Ibnu Malik merupakan satu dari kitab Nahwu yang sangat popular di kalangan pesantren. Kitab pedoman tata bahasa arab (Nahwu) ini juga terkenal di berbagai belahan dunia. Dalam versi bahasa Inggris, Alfiyyah disebut sebagai The Thousand Verses .
Dalam kurikulum pesantren, kitab Alfiyyah yang berisi kaidah-kaidah Nahwu tersaji dalam 1002 bait ini merupakan salah satu hapalan terberat. Hapal bait-bait Alfiyyah juga menjadi salah satu syarat kenaikan kelas di berbagai pesantren. Targetnya tergantung kebijakan masing-masing pesantren. Ada yang harus hapal 500 bait, ada pula yang mengharuskan hapal seluruh nazam dalam kitab tersebut.
Kitab ini ditulis oleh Muhammad bin Abdillah bin Malik al-Thay, yang lahir di Jayyan, tahun 600 H. Daerah ini cuma kota kecil di bawah kekuasaan Andalusia (Spanyol). Alfiyyah merupakan salah satu dari karyanya. Kitab ini adalah versi ringkas dari karyanya yang lain, al-Kafiyah asy-Syafiyah yang terdiri dari 2757 bait. Alfiyyah terdiri dari 80 bab, yang setiap babnya berisi beberapa bait. Yang terpendek berisi 2 bait saja yaitu bab “al-Ikhtishahsh “, dan yang terpanjang adalah bab “Jamak Taksir ” yang berisi 42 bait.
Di sela kerumitan dan kedalaman makna yang tersirat dalam setiap baitnya, yang merupakan isyarat atau rumusan kaidah bahasa Arab, bait-bait Alfiyyah juga memberi inspirasi dan penafsiran di luar kontek Ilmu Nahwu. Pemaknaan itu mirip tafsir isyari pada Alquran. Banyak bait-bait dalam Alfiyyah yang ditafsirkan berbeda sehingga menghasilkan kata hikmah yang indah. Berikut ini 5 di antaranya.
Bait ke 25 dan ke 26 berbunyi:
ﻓَﺎﺭْﻓَﻊْ ﺑِﻀَﻢٍّ ﻭَﺍﻧْﺼِﺒَﻦْ ﻓَﺘْﺤًﺎ ﻭَﺟُﺮّ # ﻛَﺴْﺮﺍً ﻛَﺬِ ﻛْﺮُﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﺒْﺪَﻩُ ﻳَﺴُﺮْ
ﻭَﺍﺟْﺰِﻡْ ﺑِﺘَﺴْﻜِﻴْﻦِ ﻭَﻏَﻴْﺮُ ﻣَﺎﺫُﻛِﺮْ # ﻳَﻨُﻮْﺏُ ﻧَﺤْﻮُ ﺟَﺎ ﺃَﺧُﻮﺑﻨﻲ ﻧَﻤِﺮْ
Rafa’kanlah dengan dlammah, nashabkan dengan fathah, jerkanlah dengan kasrah seperti dalam lafadz ﺫِﻛْﺮُ ﺍﻟﻠﻪِ ﻋَﺒْﺪَﻩُ ﻳَﺴُﺮْ
Jazmkanlah dengan sukun, dan selain yang telah disebutkan ada penggantinya seperti lafadl ﺟَﺎ ﺃَﺧُﻮ ﺑﻨﻲ ﻧَﻤِﺮ ”
Bait yang menjelaskan tanda i’rab (perubahan tanda baca tiap akhir kata) ini dimaknai sebagai poin-poin penting dalam membentuk keluarga yang harmonis. Suami dan istri haruslah kompak (dhamm : makna aslinya kumpul), saling terbuka (fath: terbuka), membuang hal yang menimbulkan perpecahan, (jurra kasran: seretlah perpecahan), selalu berdoa kepada Allah Swt, dan meneguhkan pendirian dalam istiqamah.
ﻟِﻠﺮَّﻓْﻊِ ﻭَﺍﻟﻨَّﺼْﺐِ ﻭَﺟَﺮِّ ﻧَﺎ ﺻَﻠَﺢْ # ﻛَﺎﻋْﺮِﻑْ ﺑِﻨَﺎ ﻓَﺈِﻧَّﻨَﺎ ﻧِﻠْﻨَﺎ ﺍْﻟﻤِﻨَﺢْ
Dlamir -na, baik untuk dhamir rafa’, nashab, jar tetap memakai lafadz -na
Seperti ungkapan ﺍﻋْﺮِﻑْ ﺑِﻨَﺎ ﻓَﺈِﻧَّﻨَﺎ ﻧِﻠْﻨَﺎ ﺍْﻟﻤِﻨَﺎﺡ (kita telah memperoleh anugerah yang banyak)
Bait ini adalah penjelasan bahwa ﻧﺎ (bentuk muttashil dari ﻧﺤﻦ) digunakan sebagai dhamir muttashil rafa’, nashab, jar , dengan tetap menggunakan redaksi kata –na . Tanpa perubahan. Lain halnya dengan dhamir orang pertama misalnya, untuk muttashil rafa’- nya berupa ﺕُ , sedangkan dalam nashab dan jar- nya menggunakan ﻱ .
Makna hikmahnya, jadilah seperti dhamir muttashil -na yang teguh pendirian dan pemahaman meski dalam keadaan apa pun. Tidak terpengaruh oleh perubahan dan pengaruh aliran-aliran lain.
ﻭَﻓِﻲ ﺍﺧْﺘِﻴَﺎﺭِ ﻟَﺎﻳَﺠِﺊُ ﺍٌﻟﻤُﻨْﻔَﺼِﻞْ # ﺇِﺫَﺍ ﺗَﺄَﺗَّﻰ ﺍَﻥْ ﻳَﺠِﺊُ ﺍْﻟﻤُﺘَّﺼِﻞْ
Dalam keadaan ikhtiyar (tidak kepepet) tidak boleh mendatangkan dhamir munfasil
Selagi masih memungkinkan memakai dhamir muttashil
Dhamir munfashil merupakan dhamir yang bisa berada di awal kalimat dan bisa terletak setelah illa .
Dhamir muttashil selalu berada menyatu dengan kata yang memuatnya. Bait ini dijadikan kalam hikmah, janganlah meminta batuan orang lain selagi masih bisa dilakukan sendiri.
Dikisahkan, salah seorang ulama ditanya manakah yang lebih utama antara makan dengan memakai tangan langsung dan memakai sendok. Ia menjawab, utama pakai tangan langsung. Dalilnya bait Alfiyyah di atas. Karena memakai tangan tidak bergantung pada orang lain, sementara memakai sendok memerlukan peran orang lain.
ﻭَﻟَﺎ ﻳَﺠُﻮْﺯُ ﺍْﻹِﺑْﺘِﺪَﺍ ﺑِﺎﻟﻨَّﻜِﺮَﺓِ # ﻣَﺎﻟَﻢْ ﺗُﻔِﺪْ ﻛَﻌِﻨْﺪَ ﺯَﻳْﺪِ ﻧَﻤِﺮَﺓِ
Tidak diperbolehkan membuat mubtada’ dengan memakai isim nakirah
Selagi tidak memberi manfaat, seperti pada lafad ﻋِﻨْﺪَ ﺯَﻳْﺪِ ﻧَﻤِﺮَ ”
Ketentuan dasar pembentukan mubtada’ haruslah berupa isim makrifat, bukan nakirah. Ibarat mubtada’, pemimpin haruslah orang yang berpengetahuan luas dan makrifat di bidangnya. Bisa juga berarti, memilih pemimpin haruslah orang yang telah diketahui
( ma’ruf ) rekam jejaknya dalam memperjuangkan kepentingan rakyat.
5. Cita-cita Bisa Terhalang Cinta
ﻓَﺄَﻟِّﻒُ ﺍﻟﺘَّﺄْﻧِﻴْﺚِ ﻣُﻄْﻠَﻘَﺎ ﻣَﻨَﻊْ # ﺻَﺮْﻑَ ﺍَّﻟﺬِﻱْ ﺣَﻮَﺍﻩُ ﻛَﻴْﻔَﻤَﺎ ﻭَﻗَﻊْ
Alif ta’nits muthlaq dapat mencegah tanwin dari isim yang mengandunginya,bagaimanapun keadaan isim itu
Kecintaan (al-ulfu , kata lain dengan tetap menggunakan hamzah, lam dan fa’ ) kepada wanita bisa menjadi salah satu penghalang seseorang menggapai kesuksesan.
Hal ini sering terjadi khususnya para santri yang akhirnya harus “pensiun” awal dari mondoknya karena terjerat cinta. Dalam kehidupan nonsantri pun, terkadang cinta justru mengalihkan kita dari tujuan pencapaian yang semula telah ditetapkan.
Itulah 5 contoh di antara sekian makna isyari dari bait-bait Alfiyyah . Pemaknaan isyari seperti di atas perlu juga disampaikan oleh para pengajar kitab-kitab Nahwu, karena hal itu justru menambah semangat para santri untuk mempelajari kitab Alfiyyah . Ada semacam kepuasan tersendiri bila menemukan makna lain dari bait-bait hapalan itu.
0 komentar:
Posting Komentar