Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Sabtu, 17 September 2016

Hikam Ibn Athaillah As-Sakandari Keempat


Hikmah Keempat

"Tak Perlu Mengatur Semua Urusan Dunia"

‎أرح نفسك من التدبير، فما قام به غيرك عنك لا تقم به لنفسك

"Istirahatlah dirimu dari melakukan tadbir (mengatur urusan duniawi) dengan susah payah. Karena, sesuatu yang telah diurus untukmu oleh selain dirimu (sudah diurus oleh Allah), tidak perlu engkau turut mengurusnya"

Penjelasan:
Syaikh Ibn 'Atha'illah mengingatkan kepada kita akan pemahaman yang salah pada kebanyakan orang mengenai mutiara hikmah ini, hingga cenderung memunculkan gambaran negatif yang bisa membawa pengaruh buruk dalam kehidupan masyarakat islam. Menurut syaikh, seorang hamba harus mengenal kewajiban yang dibebankan Allah atas dirinya, termasuk tugas untuk mengurus dan menata dunia. Sedangkan apa yang menjadi haknya, merupakan kewenangan bagi 'sang pemberi' kewajiban untuk menentukannya. Maka, ia tidak perlu lagi merasa risau atas keputusan-Nya. Sebab, kerisauan semacam itu justru menunjukkan lemahnya iman sang hamba.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel