Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Rabu, 14 September 2016

Hikam Ibn Athaillah As-Sakandari Kedua

Hikmah Kedua

"Urusan Dunia dan Akhirat"

ارادتك التجريد مع اقامة الله اياك فى الأسباب من الشهوة الخفية. وارادتك الأسباب مع اقامة الله اياك فى التجريد انحطاط من الهمة العلية

"Keinginanmu untuk tajrid (meninggalkan urusan duniawi, termasuk mencari rezeki) padahal Allah telah menempatkan engkau pada asbab (usaha, dimana Allah telah membekali manusia dengan sarana penghidupan), adalah termasuk dalam (bisikan) syahwat yang samar. Sebaliknya, keinginanmu untuk melakukan asbab padahal Allah telah menempatkanmu pada kedudukan tajrid, adalah suatu kemerosotan dari himmah (tekad spiritual) yang luhur"
@Ibn 'Atha'illah

Penjelasan:
Syaikh Ibn 'Atha'illah mengajak untuk memperhatikan, bahwa kecenderungan semacam ini (tajrid) kadang muncul akibat pengaruh hawa nafsu, bukan karena pengaruh rasa cinta yang tulus terhadap akhirat.

Bagi mereka yang melangkahkan kaki di jalan Allah, yang dalam hatinya terbesit keinginan untuk meninggalkan asbab dan aktivitas duniawi karena dorongan cintanya kepada Allah, maka syaikh berpesan agar mereka itu memperhatikan adab dalam beramal. Yaitu, apabila Allah Ta'ala meletakkan kita pada asbab, maka tetaplah berpijak atasnya. Dan jika ketetapan itu tidak sesuai dengan keinginan kita, maka tetaplah atasnya, sebab, Allah kadang menahan asbab itu dari kita.
Sebagaimana firman Allah:

وقل رب أدخلني مدخل صدق، وأخرجني مخرج صدق، واجعل لي من لدنك سلطانا نصيرا

"Dan katakanlah (hai muhammad): Ya Tuhanku masukkanlah aku secara masuk yang benar, dan keluarkanlah aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang dapat memberikan bantuan"

Semoga kita dimasukkan dan dikeluarkan secara benar, bukan karena dorongan hawa nafsu.!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel