Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Minggu, 05 November 2017

SEMANGAT ABUYA MUDA WALY

Abuya Prof. Dr. Muhibbuddin Waly berkata:
Mengenai ayahku dalam arti beliau mengamalkan ilmunya dengan mengajar adalah luar biasa. Aku katakan luar biasa, adalah melihat waktu waktu beliau yang penuh terisi selain waktu waktu ibadah. Pagi hari jam 6.00 beliau mengajar semua santri, mulai dari tingkat rendah sampai tingkat tinggi. Lahiriahnya adalah untuk sekedar mengambil berkat ilmu pengetahuan pada beliau selaku guru besar, tetapi pada hakikatnya beliau menganjurkan pada semua kita supaya pada malam harinya harus membaca banyak, memahami dan mendalami apa yang akan dibaca esok paginya. Semuanya itu, terbuka pintu bagi para santri yang menanyakan segala sesuatu kepada kepada beliau pada matan atau lafaz yang beliau baca. Umpamanya kalau beliau membaca Al Fiah satu bait, tetapi kita harus membaca semua syarah Al Fiah dan kitab kitab nahu pada malamnya untuk mendebat beliau pada apa yang beliau baca. Ini adalah suatu cara ayahku membuka otak para santri untuk tidak hanya mengikut saja apa yang telah disampaikan oleh guru, tetapi tidak boleh terlepas dari ilmiahnya ilmu pengetahuan. Jam 9.00 pagi setelah beliau dhuha dan sarapan pagi beliau mengajar lagi sampai zuhur. Pada jam 2.00 siangnya setelah zuhur dan makan siang beliau mengajar lagi pada tingkat tinggi, dimana mahasiswa terdiri daripada seluruh guru dan kitab yang dibaca seperti Tuhfah dan Jam'ul Jawami' hingga sampai asar. Sesudah asar sementara menunggu magrib ayahku juga menyediakan waktu bagi siapa yang berminat menimba pengetahuan dari beliau. Barulah pada malam hari selain Selasa Malam, beliau habiskan waktunya sampai jam 11.00 malam bahkan lebih dengan ibadah ibadah pribadi beliau kepada Allah SWT.

Ada satu kejadian yang tidak dapat aku melupakannya. Pada waktu beliau sudah mulai sakit sakit, beliau memerintahkan bahwa pengajian untuk dras dari beliau tidak boleh berhenti, meskipun beliau sakit. Memang sakit benar, karena itu maka aku sampaikan kepada teman teman supaya kami hanya mendengar saja kuliah beliau, tidak boleh bertanya dan mendebat beliau karena beliau sakit. Rupanya karena kita semuanya diam, maka beliau marah, kenapa kita tidak bertanya kepada beliau dan kenapa kita mendebat beliau. Rupanya pertanyaan dan debat dari mahasiswa senior kepada beliau adalah obat paling penting bagi beliau. Sehat beliau pada waktu mengajar tetapi beberapa saat setelah selesai mengajar, beliau jatuh sakit lagi.

Apabila kepada kami ini selaku murid murid beliau senantiasa larang untuk mengikut saja atau taqlid saja kepada apa yang ditulis oleh para alim ulama atau yang telah disampaikan mereka. Apalagi bagi diri beliau sendiri terhadap para ulama yang kitabnya beliau baca. Apabila beliau mengajarkan kitab Tuhfatul Muhtaj, karangan Ibnu Hajar al-Haitami, maka beliau tidak sependapat dengan ulama yang menghasyiahkannya, diantaranya Abu Qasim al-'Ubbadi dan Syarwani. Pendapat ayahku itu sering ditulis pada pinggir pinggir kitab itu. Itulah sebabnya pada waktu aku, sebelum ke Cairo melanjutkan ilmu pengetahuanku di Universiti al-Azhar, beliau berwasiat: apabila kau bertemu dengan ulama yang tawadhu', yang salih dan tidak banyak macam-macam, jangan debat dia tetapi ciumlah tangannya dan mintalah doanya. Tetapi apabila kau bertemu dengan ulama yang gagah disebabkan ilmunya apalagi kalau dia merasa bangga dengan banyak ilmunya, maka debatlah dia sampai tuntas sehingga kau dapat bertambah ilmu dengan menimba daripadanya.

Inilah yang aku praktekkan, karena itu sebelum ke Cairo tangan Habib Ali Kwitang aku cium dan aku minta doanya, karena aku melihat Habib Ali Kwitang seorang hamba Allah yang salih, yang apabila beliau ingat kepada Rasulullah SAW beliau menangis dan terharu karena mahabbah kepada Nabi. Tetapi setelah aku berada di Cairo, yaitu pada akhirnya sebelum aku mengambil Doktor di Universitas Al Azhar, aku berbeda pendapat dengan Prof. Syeikh Muhammad Abu Zahrah. Hampir saja aku tidak lulus di al Azhar, karena aku menolak pendapatnya. Tetapi akhirnya oleh Fakultas Syariah dan Hukum Al Azhar mengambil jalan tengah  yaitu Syeikh Muhammad Abu Zahrah yang sedianya sebagai salah seorang panel penguji diganti dengan seorang ulama besar lainnya yang pernah menjadi kandidat Syeikh Al Azhar yaitu Prof. Muhammad Ali Saais. Demikianlah jasa jasa dari pada pengembangan ilmu pengetahuan agama yang dikembangkan ayahku melalui pesantren Darussalam yang beliau pimpin, sehingga membawa pembaharuan ilmu pengetahuan pada pesantren pesantren di seluruh Aceh (AYAH KAMI, MAULANA SYEIKH HAJI MUHAMMAD WALY AL- KHALIDY, hlm. 108-110).

Semoga Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat-Nya untuk para ulama dan memudahkan kita semua untuk mengikuti jalan jalan hidup mereka. Amiin...
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel