Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Jumat, 15 Juni 2018

DALIL BAGI MUQALLID



كَانَ دَلِيلُ الْمُقَلِّدِ هُوَ قَوْلُ الْمُجْتَهِدِ لَا النُّصُوصُ إذْ اسْتِخْرَاجُ الْأَحْكَامِ مِنْهَا لَيْسَ إلَّا مَنْصِبَ الْمُجْتَهِدِ 
وَقَدْ قَالُوا إذَا تَعَارَضَ النَّصُّ وَقَوْلُ الْفُقَهَاءِ يُؤْخَذُ بِقَوْلِ الْفُقَهَاءِ إذْ يُحْتَمَلُ كَوْنُ النَّصِّ اجْتِهَادِيًّا وَلَهُ مُعَارِضٌ قَوِيٌّ وَتَأْوِيلٌ وَتَخْصِيصٌ وَنَاسِخٌ وَغَيْرُهَا مِمَّا يَخْتَصُّ بِمَعْرِفَتِهِ الْمُجْتَهِدُ البريقة المحمودية جزء أول صـ 86 - 87

Dalil bagi muqallid (orang yang mengikuti pendapat mujtahid) adalah perkataan Mujtahid ,bukan Nash (Alquran dan Hadits). Karena perbuatan Istimbath(mengeluarkan) segala hukum dari Segala Nash adalah orang yang sampai pada posisi Mujtahid.

Dan sungguh berkata para Ulama ; Apabila bertentangan Nash dengan Qaul Fuqaha,niscaya diambilkan rujukan Qaul Fuqaha. Karena Nash Itu ada ihtimal(kemungkinannya) secara Ijtihadi. Dan bagi Nash tersebut ada beberapa pertentangan yang kuat,takwil , takhsis,nasikh, dan selainnya ,yang mana hal ini hanya diketahui oleh para Mujtahid.

Sumber : Kitab Bariqah Mahmudiyah juz 1 hal. 86-87
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel