Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Rabu, 13 Desember 2017

Kasyaf (Penglihatan Ghaib) Imam Syafi'i


Menjelang kewafatan Imam Syafi'i, datanglah empat murid beliau yang paling menonjol. Mereka adalah Imam Buwaithi, Imam Muzani, Ibnu Abul Hakam dan Imam Robi. Saat itu Imam Syafi'i memandang mereka dalam-dalam dan berkata, "Engkau wahai Abu Ya'qub (kunyah Imam Buwaithi), dirimu akan meninggal dalam belenggu besi. Adapun engkau wahai Muzani, dirimu akan mengalami sebuah peristiwa besar di Mesir dimana engkau akan menjadi orang yang terpandai di zaman itu.

Lalu engkau wahai Muhammad (nama asli Ibnu Abul Hakam), dirimu akan kembali ke madzhab ayahmu. Sedangkan engkau wahai Robi, dirimu akan menjadi muridku yang paling bermanfaat bagiku dalam menyebarkan kitab." Imam Syafi'i juga mewasiatkan bahwa sepeninggalnya, yang menjadi khalifah beliau adalah Imam Buwaithi.

Di masa kekhalifahan Wastiqbillah dari Abbasyiah yang berfaham Mu'tazilah, Imam Buwaithi dipanggil penguasa dan dipaksa mengakui bahwa Al-Quran adalah makhluk, namun dengan tegas beliau menolak. Beliau akhirnya dipenjara hingga menemui ajalnya disana, persis seperti yang diramalkan Imam Syafi'i.

Setelah Imam Buwaithi wafat, majulah Imam Muzani sebagai khalifah Imam Syafi'i. Di bawah kepemimpinan beliau, Madzhab Syafi'i berkembang pesat (ini yang dimaksud Imam Syafi'i sebagai peristiwa besar). Beliau lalu diangkat sebagai pimpinan para ulama di Mesir, seperti yang diisyaratkan Imam Syafi'i bahwa beliau akan menjadi orang terpandai di Mesir.

Adapun Ibnu Abul Hakam, pada awalnya beliau bermadzhab Maliki sebagaimana ayahnya, namun pindah ke Syafi'i setelah Imam Syafi'i datang ke Mesir, dan setelah wafat Imam Syafi'i, beliau kembali lagi ke madzhab Maliki sebab terlibat perseteruan dengan murid-murid Imam Syafi'i yang lain, dimana beliau ingin menjadi khalifah Imam Syafi'i padahal Imam Syafi'i telah menunjuk Imam Buwaithi. Peristiwa ini sebagaimana juga ramalan Imam Syafi'i.

Terakhir Imam Ar-Robi bin Sulaiman Al-Murodi, beliaulah yang menyalin sekaligus menyebarkan kitab induk Al-Umm milik Imam Syafi'i hingga tersebar ke berbagai penjuru dunia sampai hari ini, sebagaimana yang diisyaratkan Imam Syafi'i. Dalam satu waktu, di halaman rumah beliau pernah terparkir 700 kendaraan untuk mengangkut orang-orang yang sedang belajar kitab Imam Syafi'i.

Referensi :
- Kitab Manaqib Asy-Syafi'i karya Imam Baihaqi 
- Sejarah dan Keagungan Madzhab Syafi'i karya KH. Sirajuddin Abbas
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel