Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Selasa, 27 Februari 2024

​(Jangan sembarangan) mengikuti kata hatimu


"Bertanyalah kepada hati nuranimu. Perbuatan baik adalah apa saja yang terasa tentram dalam hati. Sedangkan dosa adalah perbuatan yang menggelisahkan hatimu dan kamu tidak suka perbuatan itu dilihat orang lain" (HR Ahmad)


"استفت قلبك"


Rasulullah ﷺ tidak bermaksud bahwa setiap orang boleh mengikuti arahan hatinya. Beliau ﷺ menyampaikan nasehat itu hanya kepada sahabat bernama Wabishah ra., sebab Allah telah memberikan nur dalam hatinya yang mampu memisahkan antara baik dan buruk.


Nasehat ini hanya berlaku untuk orang mukmin yang hatinya bersih, tidak banyak dosa, yang firasatnya kuat, seperti kata Nabi ﷺ:


"Takutlah kalian pada firasat orang mukmin. Sungguh dia melihat dengan cahaya Allah"  (HR Tirmizi)


Jika semua orang menggunakan dalil istafti qalbak, maka hasilnya adalah keruwetan saat ini. Tiga orang bertengkar di TV saling tunjuk dada sambil mengatakan "coba tanyakan pada hati nuranimu". Masing masing merasa sedang membela kebenaran yang diwangsitkan. Padahal dalam hati setiap manusia selain ada warid ilham dari Allah, ada juga bisikan waswas dari setan.


- Al Jawahir Al Luluiyah, hal. 260.

- Ihya ulumiddin, vol. 2, hal. 117.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel