Media Sebagai Bagian Dari Dakwah untuk menyampaikan Islam yang Rahmatan lil 'Alamin dengan Aqidah Ahlussunnah Wal Jama'ah.


Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Kamis, 02 Juli 2015

ILMU DAN AMAL

Dinukil dari kitab Ihya' 'Ulumuddin karya Hujjatul Islam Imam Al Gazzali.'

ﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ " ﺇﻥ ﺃﺷﺪ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﺬﺍﺑﺎً ﻳﻮﻡ ﺍﻟﻘﻴﺎﻣﺔ ﻋﺎﻟﻢ ﻟﻢ  ﻳﻨﻔﻌﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻌﻠﻤﻪ


Nabi shallallahu alaihi wasalaam bersabda :" Sesungguhnya siksaan manusia yg paling berat dihari kiyamat adalah orang alim yang Allah tidak memberikan manfa'atnya ilmu kepadanya"


ﻭﻋﻨﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ 
ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻟﻤﺮﺀ ﻋﺎﻟﻤﺎً ﺣﺘﻰ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻌﻠﻤﻪ ﻋﺎﻣﻼً 


dan dari Nabi shallallahu alaihi wasalaam bersabda
 seseorang tidaklah menjadi orang alim sehingga dia mengamalkan ilmunya


ﻭﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ  ﻣﻦ ﺍﺯﺩﺍﺩ ﻋﻠﻤﺎً ﻭﻟﻢ ﻳﺰﺩﺩ ﻫﺪﻯ ﻟﻢ ﻳﺰﺩﺩ ﻣﻦ ﺍﻟﻠﻪ ﺇﻻ ﺑﻌﺪﺍً 

Nabi shallallahu alaihi wasalaam bersabda : " Barang siapa yang bertambah ilmunya tetapi tidak bertambah hidayahnya maka tidaklah bertambah dari Allah kecuali bertambah jauh"



ﻗﺎﻝ ﻋﻤﺮ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ : ﺇﻥ ﺃﺧﻮﻑ ﻣﺎ ﺃﺧﺎﻑ ﻋﻠﻰ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻣﺔ ﺍﻟﻤﻨﺎﻓﻖ ﺍﻟﻌﻠﻴﻢ . ﻗﺎﻟﻮﺍ : ﻭﻛﻴﻒ ﻳﻜﻮﻥ ﻣﻨﺎﻓﻘﺎً ﻋﻠﻴﻤﺎً؟ ﻗﺎﻝ : ﻋﻠﻴﻢ ﺍﻟﻠﺴﺎﻥ ﺟﺎﻫﻞ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﻭﺍﻟﻌﻤﻞ



Sayyidina Umar Bin Khatab    berkata Sesungguhnya paling mengkhawatirkannya umat ini adalah para munafiq yang berilmu.Para sahabat bertanya “Bagaimana orang munafiq tapi ia alim?” Sayyidina Umar menjawab “Mereka alim dalam lisannya tapi tidak dalam hati dan amaliahnya”



:ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ 
 ﻻ ﺗﻜﻦ ﻣﻤﻦ ﻳﺠﻤﻊ ﻋﻠﻢ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻭﻃﺮﺍﺋﻒ ﺍﻟﺤﻜﻤﺎﺀ 
ﻭﻳﺠﺮﻱ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﻣﺠﺮﻯ ﺍﻟﺴﻔﻬﺎﺀ


Hasan al-Bashri rh berkata : Janganlah kalian menjadi pengumpul ilmu-ilmu ulama dan kata-kata bijak ahli hikmah namun dalam pengamalannya sebagaimana
.pengamalan orang-orang bodoh



ﻭﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﻤﺒﺎﺭﻙ : ﻻ ﻳﺰﺍﻝ ﺍﻟﻤﺮﺀ ﻋﺎﻟﻤﺎً ﻣﺎ ﻃﻠﺐ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻓﺈﺫﺍ ﻇﻦ ﺃﻧﻪ ﻗﻂ ﻋﻠﻢ ﻓﻘﺪ ﺟﻬﻞ



Ibn al-Mubaarak berkata:Selama seseorang mau belajar ilmu ia akan menjadi orang alim namun saat ia merasa dirinya telah alim sesungguhnya ia adalah orang bodoh


Wallahu a'lamu.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Kategori Artikel